Aetra Operasikan Smart Control Room di IPA Buaran

PT Aetra Air Jakarta meresmikan sistem ruang kontrol berteknologi (smart control room) di Instalasi Pengolahan Air Buaran, Jakarta Timur.
Feni Freycinetia Fitriani | 25 Juli 2018 14:55 WIB
Direktur Utama PAM Jaya Erland Hidayat dan Direktur Utama PT Aetra Air Jakarta Mohamad Selim mengecek smart control room di IPA Buaran, Jakarta Timur - Bisnis.com/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA--PT Aetra Air Jakarta meresmikan sistem ruang kontrol berteknologi (smart control room) di Instalasi Pengolahan Air Buaran, Jakarta Timur.

Direktur Utama Aetra Mohamad Selim mengatakan fasilitas tersebut berfungsi untuk monitoring dan menganalisa kegiatan operasional mulai dari produksi air baku, air bersih, hingga proses distribusi ke pelanggan.

"Untuk saat ini, smart control room memantau kegiatan di 12 titik yang merupakan jaringan Aetra di Jakarta Timur dan Jakarta Utara," ujarnya di IPA Buaran, Rabu (25/7/2018).

Dia menuturkan pihaknya telah memasang sensor dan parameter untuk proses produksi distribusi yang meliputi IPA, inline booster pump (Tugu, Kiwi, dan Halim), dan pompa tekan (Sumur Batu, Cilincing, Pasar Rebo, JGC, dan Sunter).

Selain itu, Aetra juga memonitor CCTV di seluruh area kerja, aset meter pelanggan, data tekanan, debit, volume, dan titik kebocoran (non revenue water/NRW).

Menurutnya, pembangunan smart control room merupakan salah satu janji Aetra kepada Pemprov DKI dan PAM Jaya yang tertuang dalam Master Agreement.

"Dana untuk bangun control room sekitar Rp1,3 miliar. Kalau dihitung secara keseluruhan kurang lebih Rp3 miliar," ucapnya.

Selim menambahkan sistem di smart control room dapat menangkap semua hasil dari sensor yang telah dipasang.

"Sistem digital akan mengirim sinyal peringatan atau alert jika terjadi ketidaksesuaian dalam operasional di lapangan. Dengan begitu, tim kami dapat segera mengecek dan melakukan perbaikan," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aetra

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top