Sistem Kontrol Digital, Aetra Jamin Respons Tak Lebih dari 5 Menit

PT Aetra Air Jakarta mengoperasikan fasilitas ruang kontrol berteknologi (smart control room) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran, Jakarta Timur.
Feni Freycinetia Fitriani | 25 Juli 2018 19:02 WIB
Ilustrasi - aetra

Bisnis.com, JAKARTA--PT Aetra Air Jakarta mengoperasikan fasilitas ruang kontrol berteknologi (smart control room) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran, Jakarta Timur.

Dirut PT Aetra Jakarta Mohamad Selim mengatakan adanya fasilitas tersebut akan meningkatkan kualitas operasional dan distribusi air ke pelanggan.

"Saat ini yang kami pantau baru 12 titik yang merupakan jaringan primer, seperti Water Treatment Plant, booster pump, serta pipa-pipa distribusi langsung ke pelanggan," katanya di IPA Buaran, Rabu (25/7/2018).

Berdasarkan pantauan Bisnis, smart control room yang terletak salah satu gedung di IPA Buaran tersebut terdapat layar banyak layak komputer

Selain komputer yang berukuran satu permukaan dinding, smart control room juga dilengkapi dengan tiga komputer utama yang memantau semua pergerakan proses produksi dan distribusi secara online dan real time.

Karena itu, Selim mengungkapkan penjaga Smart Control Room akan tahu jika ada kegiatan tak normal yang tergambar di layar.

Dia mengungkapkan jika ada yang masalah di fasilitas biasanya akan terlihat kode merah. Dari situ, petugas dapat melaporkan ke petugas terkait.

"Karena sifatnya real time, petugas haga dapat langsung hubungi bagian service perator via sistem atau WhatsApp. Mereka harus merespons selambat-lambatnya 5 menit dari alert," ungkapnya.

Dia menuturkan pihaknya telah memasang sensor dan parameter untuk proses produksi distribusi yang meliputi IPA, inline booster pump (Tugu, Kiwi, dan Halim), dan pompa tekan (Sumur Batu, Cilincing, Pasar Rebo, JGC, dan Sunter).

Selain itu, Aetra juga memonitor CCTV di seluruh area kerja, aset meter pelanggan, data tekanan, debit, volume, dan titik kebocoran (non revenue water/NRW).

Direktur Utama PAM Jaya Erland Hidayat mengatakan teknologi smart control room merupakan bagian dari Scada atau sistem kendali yang berbasis komputer yang dipakai untuk mengontrol proses produksi dan distribusi.

"Penerapan smart control room ini bentuk transparansi operator. Mudah-mudahan ke depan kita tidak hanya dikasih liat produksi, tetapi soal billing (tagihan) juga," jelasnya.

Tag : aetra
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top