Sandiaga Uno Jadi Cawapres, Ini Kriteria Wagub DKI Pengganti Sandi

Pengamat politik menilai sosok pengganti mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno harus yang mengerti tentang perekonomian.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 10 Agustus 2018 16:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berpelukan dengan Sandiaga Uno (kiri) usai pengunduran diri Sandiaga sebagai Wagub DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta, Jumat (10/8/2018). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengamat politik menilai sosok pengganti mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno harus yang mengerti tentang perekonomian.

Pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun mengatakan bahwa ada dua kriteria yang tepat sebagai pengganti sosok Sandi yang maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Pertama, memiliki pengaruh kuat di dalam tubuh partai pengusung. Adapun partai yang dimaksud seperti Gerindra, PAN, dan PKS.

"Pertama didukung oleh koalisi," kata Ubedilah, Jumat (10/8/2018).

Kedua, dia menambahkan, seseorang yang memiliki kapasitas yang baik di bidang ekonomi, manajemen, dan akuntasi. "Manajerial itu dibutuhkan wakil gubernur selanjutnya, supaya seimbang [dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan]," ujarnya.

Terkait isu Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta M Taufik, Ubedilah menilai politisi Gerindra tersebut tidak cocok untuk menjadi wakil gubernur. "Kayaknya jangan, dipertimbangkan dulu sesuai dengan kapasitasnya dan bidang yang cocok," jelasnya.

Selain Taufik, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera santer diberitakan akan mengisi kekosongan jabatan ini. Namun Ubedilah enggan berkomentar detail terkait Mardani karena belum mengetahui sosok tersebut.

"Bidang apa ya [Mardani]? Pokoknya saya pikir [berpengalaman] bidang ekonomi. Usia tidak masalah, lebih muda lebih bagus," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov dki, Pilpres 2019

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top