Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018 : DKI Resmikan 10 GOR, Lapangan Bisbol, dan BMX

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan sebanyak 10 gelanggang olahraga, venue BMX, dan bisbol dalam rangka menyambut Asian Games yang jatuh pada 18 Agustus 2018.
Jakarta International Velodrome
Jakarta International Velodrome

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan sebanyak 10 gelanggang olahraga, venue BMX, dan bisbol dalam rangka menyambut Asian Games yang jatuh pada 18 Agustus 2018.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyelesaikan pekerjaan revitalisasi gelanggang olahraga (GOR) dan pembangunan sejumlah venue perhelatan olahraga terbesar se-Asia.

Adapun secara simbolis, Anies meresmikan 10 GOR dan dua venue berkelas dunia seperti International BMX Track (JIBT) dan Jakarta International Baseball Arena (JIBA) dengan penandatangan sebanyak 12 prasasti di venue JIBA, Rawamangun, Jakarta Timur.

"Kita menjadi saksi [dari] fasilitas-fasilitas yang luar biasa ini kelas dunia. Terbukti, kita bisa dan kita kerjakan dengan tuntas," kata Anies, Senin (13/8/2018).

Dia mengklaim JIBA merupakan salah satu venue bisbol terbaik dunia. Sedangkan, venue BMX sudah disertifikasi oleh Union Cyclist International (UCI) dengan sertifikat kualifikasi tertinggi atau kelas 1.

"Kita berharap ini semua bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anies berharap keberadaan fasilitas ini dapat memacu peningkatan prestasi olahraga menjadi semakin baik ke depan. Selain itu, Pemprov DKI berharap Indonesia dapat meraih medali emas pada ajang Asian Games cabang olahraga terkait.

"Fasilitas yang baik itu dibanggakan dengan munculnya atlet-atlet hebat dari tempat ini. Kita jadikan Jakarta tempat di mana fasilitas olahraga dikelola dengan prinsip [meritokrasi], siapa saja bisa pakai dan menggunakan, itu artinya pemerintah yang memfasilitasi," ungkapnya.

Seperti diketahui, pembangunan dan revitalisasi ini dimulai sejak tahun lalu--Juli 2018. Revitalisasi GOR dimulai sejak November 2017--Maret 2018, JIBT dibangun sejak Januari 2018--Juli 2018, JIBA dibangun sejak April 2018--Juli 2018.

Sedangkan, dana untuk pembangunan dan renovasi ini memakai skema kerja sama kemitraan pemerintah swasta (public private patnership/PPP) dengan PT Sinar Mas.

Renovasi sebanyak 10 GOR menelan dana senilai Rp35,83 miliar, pembangunan JIBT mencapai Rp27,05 miliar, dan proyek JIBA senilai Rp39,36 miliar.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah meresmikan venue pacuan kuda Jakarta Internasional Equestrian Park pada 2 Agustus 2018 lalu. Sementara itu, Pemprov DKI akan meresmikan venue balap sepeda atau Jakarta Internasional Velodrome pada 15 Agustus 2018 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper