270 Bus Transjakarta Dukung Asian Para Games 2018

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyiapkan sekitar 270 bus Transjakarta selama Asian Para Games berlangsung.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 09 September 2018 20:37 WIB
Bus Transjakarta siap menyuseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta. - JIBI/ M Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyiapkan sekitar 270 bus Transjakarta selama Asian Para Games berlangsung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa seluruh sarana dan prasarana pendukung perhelatan Asian Para Games pada 6 Oktober--13 Oktober nanti telah siap.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bahkan telah menyiapkan paket kebijakan transportasi guna menyukseskan acara ini.

"Kami sudah menyiapkan bus Transjakarta yang lower deck [dek rendah] itu sudah siap totalnya lebih dari 270 kendaraan untuk mobilitas para atlet," kata Anies, Minggu (9/9/2018).

Demi meramaikan kompetisi olahraga bagi penyandang disabilitas ini, Pemprov DKI telah membebaskan biaya naik Transjakarta pada Sabtu dan Minggu.

"Warga DKI bisa lebih mudah menjangkau lokasi. Asian Para Games ini dipusatkan di Gelora Bung Karno, maka kegiatan berpusat di sana," ungkapnya.

Sementara itu, guna mendukung acara ini, Pemprov DKI telah memperpanjang kebijakan ganjil genap hingga 13 Oktober. Kendati demikian, kebijakan tersebut tidak berlaku pada akhir pekan dan hari libur nasional.

"Dari sisi persiapan kita sudah siap, karena ini meneruskan yang kita kerjakan pada Asian Games kemarin," imbuh Anies.

Menurut Anies, Asian Para Games ini merupakan momentum yang bisa mengunggah kesadaran masyarakat terhadap kesetaraan.

Dengan demikian, Pemprov DKI berkomitmen rencana pembangunan di Jakarta akan terus memperhatikan aspek kebutuhan dari penyandang disabilitas.

"Kita sambut Asian Para Games ini [jadi] kesempatan bagi kita untuk menyadari dan menyebarkan kesadaran bahwa infrastruktur yang ada, fasilitas yang ada harus bisa untuk semua baik penyandang disabilitas maupun masyarakat umum," tutur Anies.

Tag : transjakarta, Asian Para Games
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top