Reuni Akbar 212, Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Walaupun tengah mempersiapkan operasi pengamanan untuk kegiatan Reuni 212 yang akan digelar pada Minggu (2/12/2018), pihak kepolisian menyatakan hanya akan membuat rekayasa lalu lintas secara rutin untuk kegiatan Car Free Day (CFD).
Aziz Rahardyan | 29 November 2018 18:03 WIB
Foto aerial ribuan umat Islam melakukan dzikir dan doa bersama di kawasan Bundaran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (2/12). - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA — Walaupun tengah mempersiapkan operasi pengamanan untuk kegiatan Reuni Akbar 212 yang akan digelar pada Minggu (2/12/2018), pihak kepolisian menyatakan hanya akan membuat rekayasa lalu lintas secara rutin untuk kegiatan Car Free Day (CFD).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf menyatakan hal tersebut, walaupun telah memperkirakan akan ada gelombang massa aksi sejumlah 4 juta orang.

"Ada massa yang masuk DKI, kami biasa saja. Tidak terlalu signifikan. Memang setiap ada kegiatan Minggu kan memang kami laksanakan kegiatan rekayasa [Lalu Lintas] Lalin," ujar Yusuf.

Selain itu, Yusuf menyatakan telah mempersiapkan daerah parkir di Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) Monas dan beberapa tempat lain untuk mengantisipasi massa aksi yang menggunakan kendaraan menuju kawasan Monas.

"Jadi CFD pun ada parkir seperti itu, jadi IRTI itu tempat parkir seperti biasa. Ya di masing-masing tempat parkir kita sudah siapkan, termasuk di tempat lain," tambah Yusuf.

Dalam hal ini, Yusuf menyatakan agar masyarakat tenang, sebab pihak kepolisian telah terbiasa melakukan pengamanan dan rekayasa lalu lintas untuk kegiatan lain yang bersamaan dengan CFD.

Menambahkan keterangan Yusuf, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu mengungkapkan himbauan pada masyarakat yang datang ke CFD, untuk menghindari jalur-jalur yang akan digunakan untuk kegiatan lain, termasuk Reuni 212.

"Kepada masyarakat yang akan melaksanakan 'Car Free Day' tanggal 2 Desember 2018, agar menghindari atau tidak melintasi seputaran Jalan Medan Merdeka dan seputaran Masjid Istiqlal dikarenakan ada kegiatan masyarakat lainnya di kawasan tersebut," ujar Roma dalam keterangan tertulis di akun media sosial resmi Humas Polres Metro Jakarta Pusat.

Tag : lalu lintas, AKSI 212, Reuni Akbar 212
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top