Kabupaten Tangerang Siapkan Sentra Bisnis Perkotaan

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menyiapkan sentra bisnis di wilayah perkotaan sebagai upaya mengurangi pengangguran akibat perubahan lahan yang semula pertanian menjadi industri.
Newswire | 19 Desember 2018 15:09 WIB
Ilustrasi kegiatan bisnis pasar tradisional. - Bisnis.com/Fariz Fadhillah

Bisnis.com, TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menyiapkan sentra bisnis di wilayah perkotaan sebagai upaya mengurangi pengangguran akibat perubahan lahan yang semula pertanian menjadi industri.

"Kami berupaya sentra tersebut berlokasi dekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara," kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Rabu (19/12/2018).

Zaki menjelaskan sentra bisnis itu dibangun karena sebagian areal pertanian telah berubah menjadi industri terutama di Kecamatan Pakuhaji, Teluknaga, dan Kosambi.

Bahkan lahan di Kecamatan Sepatan, Mauk, Sepatan Timur, dan Pasar Kemis yang awalnya areal pertanian lahan kering telah berubah menjadi areal pemukiman penduduk.

Untuk mendukung sentra bisnis tersebut diperlukan pembangunan infrastruktur berupa jalan, jembatan, sekolah, sarana, dan prasarana kesehatan.

Pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan kapasitas Puskesmas yang ada serta tiga rumah sakit umum daerah (RSUD) milik Kabupaten Tangerang.

Selain itu, tambahnya, perlu juga dibangun jaringan transportasi darat secara massal demi mengurangi kemacetan lalu lintas.

Sarana transportasi massal itu tentu perlu ditunjang oleh adanya terminal untuk menaikkan dan menurunkan orang dan barang.

Dia mengatakan masyarakat sangat membutuhkan transportasi massal terutama bagi anak didik yang setiap hari memerlukan angkutan untuk pergi dan pulang sekolah.

"Kami sudah melakukan kajian pengadaan bus yang diperuntukan bagi anak sekolah terutama di kawasan pesisir," kata Zaki.

Sumber : Antara

Tag : tangerang, sentra bisnis
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top