Pembangunan 5 JPO di Jakarta Pakai Dana Kompensasi KLB

Pemprov DKI bakal membangun lebih banyak jembatan penyebrangan orang (JPO) selama 2019, baik dengan APBD maupun dana kompensasi KLB (Koefisien Lantai Bangunan). Lima proyek JPO akan didanai dari kompensasi KLB.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  18:41 WIB
Pembangunan 5 JPO di Jakarta Pakai Dana Kompensasi KLB
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Daan Mogot di Jakarta Barat - Twitter @TMCPoldaMetro

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI bakal membangun lebih banyak jembatan penyebrangan orang (JPO) selama 2019, baik dengan APBD maupun dana kompensasi KLB (Koefisien Lantai Bangunan). Lima proyek JPO akan didanai dari kompensasi KLB.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Harry Nugroho menuturkan pembangunan fasilitas umum tersebut menggunakan APBD DKI dan denda peningkatan koefisien lantai bangunan yang digagas pemerintahan sebelumnya.

"Kalau untuk totalnya sedang saya cek lagi. Kurang lebih 5 JPO pakai dana KLB. 8 JPO menggunakan dana APBD," katanya, Kamis (28/2/2019).

Dia menuturkan beberapa lokasi yang akan dibangun JPO, a.l. Pasar Minggu dan Daan Mogot. Adapun, JPO yang sudah selesai berada di Jalan Jenderal Sudirman, yaitu Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno, dan Bundaran Senayan.

Rencananya, Dinas Bina Marga akan merobohkan eksisting JPO Pasar Minggu dan Daan Mogot. Setelah itu, Harry menuturkan pihaknya akan menyelesaikan desain sehingga pembangunan JPO dapat dimulai pada pertengahan tahun.

"Rencana pembangunan fisik membutuhkan waktu 6 bulan. Mudah-mudahan tahun ini selesai," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya meresmikan tiga jembatan penyebrangan orang (JPO) berdesain unik yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Tiga JPO tersebut tepatnya berada di Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, dan Polda Metro Jaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jembatan penyeberangan

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top