Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bidik MBR, Aetra Tawarkan Program Langganan Air Bersih Rp33.000 per Bulan

Dengan mengikuti program yang diberi nama "Beli Air Harga Cantik", pelanggan tak perlu membayar biaya sambungan baru sebesar Rp900 ribu.
Aetra/Istimewa
Aetra/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--PT Aetra Air Jakarta merilis program baru untuk meningkatkan jumlah sambungan pipa ke pelanggan, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR.

Dirut PT Aetra Air Jakarta Edy Hari Sasono mengatakan dengan mengikuti program yang diberi nama "Beli Air Harga Cantik", pelanggan tak perlu membayar biaya sambungan baru sebesar Rp900 ribu.

"Pelanggan MBR cukup membayar Rp33.000 per bulan atau Rp1.100 per hari untuk mendapatkan air bersih sebanyak 10.000 liter. Ini sudah sesuai Permendagri 23 tahun 2006," ujar Edy di Kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara, Jumat (22/3/2019).

Edy menuturkan salah satu hal yang memberatkan masyarakat untuk menjadi pelanggan air perpipaan karena cukup mahalnya biaya pemasangan baru.

Dengan diluncurkannya program tersebut, Edy berharap warga semakin banyak yang menggunakan layanan air perpipaan.

"Sekarang ini sebagian besar masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta Timur menganggap air tanah mereka masih bersih. Padahal tetap saja tidak steril," jelas Edy.

Edy optimistis program langganan air untuk MBR akan disambut warga yang berada di Jakarta Utara. Data terakhir bulan Februari 2019, PAM Jaya dan Aetra telah melayani kelompok MBR lebih dari 10 ribu sambungan.

Aetra tidak mematok kapan program ini akan berakhir. Aetra maupun PAM Jaya akan gencar melakukan sosialisasi kepada MBR.

"Target kami jumlah MBR yang ikut bisa bertambah terus setiap bulan. Mudah-mudahan mereka tergerak untuk mendaftar dan tidak lagi menggunakan air tanah untuk keperluan sehari-hari," ucap Edy.

Selain di Jakarta Utara, Aetra juga membidik penambahan sambungan air bersih di wilayah Gongseng, Jakarta Timur. Di kawasan padat penduduk di Jakarta Timur tersebut tengah dilakukan penanaman pipa sepanjang 8,2 kilometer.

Potensi penambahan jumlah sambungan baru di area tersebut diperkirakan akan bertambah sebesar 2.312 pelanggan atau setara dengan penambahan 13.872 jiwa.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dikelola Aetra telah mencapai kapasitas produksi 10.500 liter per detik dengan jumlah sambungan lebih dari 456.990 sambungan hingga Januari 2019. Pelanggan Aetra tersebar di seluruh Jakarta Timur, sebagian Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper