Peringati 70 Tahun Hubungan Indonesia-Inggris, Anies dan Dubes Moazzam Malik Tanam Pohon

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menanam pohon Ki Hujan di depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi.
Muhamad Wildan | 12 Mei 2019 20:45 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menjawab pertanyaan wartawan usai bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta, Jumat (26/10/2018). - Bisnis/Dian Asmita Aisyah

Bisnis.com, JAKARTA–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menanam pohon Ki Hujan di depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Penanaman pohon dilakukan dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris.

Moazzam menuturkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Inggris sesungguhnya sudah terjalin sebelum Indonesia merdeka.

"Delapan puluh dua tahun lalu pendahulu saya menanam pohon di depan bangunan ini untuk merayakan pengangkatan Raja George VI, pohon ini menjadi salah satu simbol persahabatan," kata Moazzam yang didampingi Anies, Minggu (12/5/2019).

Museum Perumusan Naskah Proklamasi awalnya merupakan kediaman perwakilan Inggris saat penjajahan Belanda, tempat ini juga sempat diduduki Jepang.

Naskah proklamasi yang dibacakan Soekarno pada 17 Agustus 1945 pun didiskusikan di dalam gedung tersebut.

"Kami memilih untuk menanam pohon lagi untuk merayakan potensi masa depan. Indonesia menjadi negara penting di abad 21. Indonesia punya peranan penting untuk memajukan Asia. Sebagai negara sahabat di kawasan Eropa kami berminat untuk bekerja sama," ujar Moazzam.

Dalam sambutannya, Anies menerangkan bahwa kawasan Menteng serta gedung yang sekarang menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi merupakan pusat terjadinya peristiwa historis di Indonesia.

"Penananaman pohon ini menandai tempat ini sangat bersejarah. Kita bertanggung jawab menjaga sejarah bagi generasi penerus kita," ujar Anies.

Acara penanaman pohon tersebut dihadiri antara lain Duta Besar Amerika Serikat dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia serta perwakilan keluarga Soekarno dan Mohammad Hatta.

Adapun Megawati Soekarnoputri diwakili oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam acara ini.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inggris, anies baswedan, indonesia.

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup