Proses Verifikasi Pendaftar Rumah DP Nol Rupiah Dipercepat

Sejak awal Pemprov DKI tidak membatasi jumlah warga Ibu Kota yang ingin memiliki hunian Rumah DP Rp Nol.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 08 Juli 2019  |  17:35 WIB
Proses Verifikasi Pendaftar Rumah DP Nol Rupiah Dipercepat
Rumah DP nol rupiah di Rorotan Cilincing Jakarta Utara - JIBI/Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Rumah DP Rp Nol  Dzikran Kurniawan mengatakan pihaknya mempercepat proses verifikasi pendaftar unit Rumah Samawa atau Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"[Pendaftaran unit] sudah tahun lalu. Saat ini, kami sedang proses verifikasi. Semuanya akan dipercepat," katanya di Balai Kota DKI, Senin (9/7/2019).

Dia mengatakan sejak awal Pemprov DKI tidak membatasi jumlah warga Ibu Kota yang ingin memiliki hunian Rumah DP Rp0. Pasalnya, proyek Klapa Village merupakan menara (tower) yang pertama kali dibangun. Proyek tersebut digarap oleh BUMD PD Pembangunan Sarana Jaya.

Menurutnya, Pemprov DKI akan membangun lebih banyak rumah susun sederhana milik (rusunami) di wilayah lain di Ibu Kota.

Lebih lanjut, Dzikran mengatakan saat ini seluruh tahapan pembangunan, baik fisik maupun finansial, Rumah DP Rp0 masih berjalan sesuai rencana.

"Alhamdulillah, sampai sekarang masih lancar dan sesuai target. Dari sisi kami sebagai manajemen juga oke, dari sisi pembangunan Sarana Jaya juga masih on target semua. Progresnya kalau tak salah sudah di atas 90%," ungkapnya.

Setelah selesai diverifikasi, warga yang mendaftar Rumah DP Rp0 diminta untuk mengajukan KPR dari Bank DKI. Pendaftar akan berkesempatan menghuni 780 unit rusunami yang terletak di Pondok Kelapa, Jakarta Timur ini. 

Pembangunan rumah tersebut telah masuk tahap topping off pada Januari 2019 dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2019. Seperti diketahui, program ini merupakan salah satu janji kampanye gubernur dan wakil gubernur terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ketika berlaga di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemprov DKI, dp nol rupiah

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top