Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI-Universitas Bakrie Gelar Lomba Simulasi Sidang Umum PBB

Pemprov DKI Jakarta mendukung gelaran Jakarta Model United Nations 2019 yang diadakan oleh Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS).

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI Jakarta mendukung gelaran Jakarta Model United Nations 2019 yang diadakan oleh Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS).

Kegiatan ini merupakan simulasi Sidang Umum PBB dimana para peserta akan mewakili delegasi negara-negara PBB untuk menghasilkan resolusi bagi perubahan dunia.

Kabag Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Provinsi DKI Jakarta H Jafar Abdul Malik mengatakan para siswa yang mengikuti kegiatan JMUN akan diperkenalkan pada kebudayaan asli Jakarta.

“Kami ingin memperkenalkan budaya Betawi kepada para pemuda dan juga dunia internasional,” kata Jafar dalam pembukaan Jakarta Model United Nations di Balai Kota DKO, (1/8/2019).

Kepala Biro Humas Universitas Bakrie Sri Pratiwi mengatakan pihaknya sudah menjadi host dari JMUN untuk keempat kali. Dia menjelaskan, Universitas Bakrie sangat mendukung kegiatan anak muda yang terkait dengan pembahasan isu-isu global.

Konferensi simulasi sidang PBB Jakarta MUN 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 1-4 Agustus 2019 di Universitas Bakrie, Jakarta Selatan.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bagus untuk melatih para peserta, khususnya siswa SMA dan Mahasiswa.

"Mereka dalat meningkatkan softskills mereka dalam hal negosiasi, diplomasi serta problem solving untuk berkontribusi secara aktif dan memberikan resolusi yang tepat sebagai upaya positif untuk memberikan kontribusi bagi dunia,” ucapnya.

Ketua Panitia JMUN Dizza Aliftsa mengungkapkan peserta yang terdaftar terdiri dari 37 tim yang terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri, antara lain Universitas Bakrie sendiri, UI, UGM, ITB, Universiti Utara Malaysia, National University of Singapore, Tokyo International University.

Mereka akan diberikan kesempatan untuk memberikan pandangan soal isu-isu global seperti kesenjangan kesejahteraan dan diskriminasi terhadap kalangan minoritas.

"Jumlah delegasi yang hadir 130 orang. Dari tingkat SMA sampai Universitas," ungkapnya.

JMUN merupakan salah satu lomba simulasi Persatuan Negara-Negara yang paling dihormati di Jakarta. Acara tersebut merupakan sebuah acara tahunan yang diadakan oleh Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) sejak 2011.

Program ini mengajak dan melatih anak muda dari SMA sampai kuliah untuk mencari solusi yang dapat diaplikasikan kepada isu-isu internasional yang sedang. Para peserta akan melaksanakan debat dan beberapa rangkaian diskusi, sehingga mampu melatih kemampuan negosiasi dan diplomasi yang berguna di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper