Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Saefullah Meninggal Dunia, Sekda yang Bertahan di 4 Gubernur DKI

Saefullah menjabat sebagai Sekda DKI Jakarta terbilang cukup lama, yakni sejak 11 Juli 2014. Padahal, pria asli Betawi ini mengawali karir di lingkungan pegawai negeri pada 1984 dengan berbekal ijazah SMA.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 16 September 2020  |  14:18 WIB
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah - beritajakarta.com
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah - beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah siang ini, Rabu (16/9/2020), dinyatakan meninggal dunia karena disebabkan virus Covid-19 yang dideritanya dalam sepekan terakhir.

Kabar duka itu disampaikan oleh Gubernur Anies Baswedan melalui pesan singkat. 

"Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita .. telah dipanggil pulang ke rahmatullah ... Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 di RSPAD-GS. Mohon doakan .. Bagi semua .. segerajan ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan sholat ghaib utk almarhum. Anies Baswedan."

Demikian bunyi pesan singkat yang disampaikan Anies Baswedan dan viral di antara grup WhatsApp. Pesan tersebut juga diunggah oleh Anies di akun Twitternya.

Saefullah meninggal pada usia 56 tahun. Dia dilahirkan di Rorotan, Jakarta, pada 11 Februari 1964. Bang Ipul, begitu biasa disapa, meninggal istri dan empat orang anak.

Dia menjabat sebagai Sekda DKI Jakarta terbilang cukup lama, yakni sejak 11 Juli 2014. Pria asli Betawi ini mengawali karir di lingkungan pegawai negeri pada 1984 dengan berbekal ijazah SMA. Awal berkarir dia berpangkat golongan 2A.

Saefullah pertama kali berdinas sebagai pendidik di lingkungan pemerintahan DKI Jakarta. Oleh sebab itu, selepas menempuh sarjana, dia terus melanjutkan sekolahnya. Tercatat Saefullah menyabet gelar master di Universitas Negeri Jakarta pada 2000 dan doktor di Universitas Padjajaran pada 2009.

Sebelum menjabat sebagai Sekda, Saefullah pernah menjadi Kepala Sudin Pendidikan Dasar Jakarta Barat tahun 2003-2004. Kemudian menjadi Kepala Subdinas SLTP DKI Jakarta 2004-2008.

Selanjutnya pada 2008 menjabat sebagai Wakil Kepala Dinas Pendidikan Dasar, DKI Jakarta. Kemudian menjadi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda pada 2009-2010. Menjadi Wali Kota Jakarta Pusat tahun 2008-2014.

Saefullah dilantik menjadi Sekretaris Daerah DKI Jakarta pada 2014. Dia dilantik oleh Basuki Tjahaja Purnama yang saat itu menjadi Pelaksana Tugas (Plt) gubernur menggantikan Joko Widodo yang cuti karena maju pada pemilihan presiden 2014.

Masa jabatan Saefullah sebagai Sekda DKI terus berlanjut. Dia tercatat menjadi Sekda pada era Gubernur Djarot Saiful Hidayat dan saat ini Anies Baswedan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemprov DKI sekda dki jakarta saefullah
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top