Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekda DKI Buka Peluang Gandeng Ho Chi Minh City Kembangkan Transportasi Jakarta

Sekda DKI bertemu delegasi Ho Chi Minh City, Vietnam untuk membahas potensi kerja sama sister city di sektor transportasi dan pariwisata.
Sekda DKI Buka Peluang Gandeng Ho Chi Minh City Kembangkan Transportasi Jakarta. Ho Chi Minh City/Istimewa
Sekda DKI Buka Peluang Gandeng Ho Chi Minh City Kembangkan Transportasi Jakarta. Ho Chi Minh City/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono telah melakukan pertemuan dengan delegasi Ho Chi Minh City, Vietnam untuk membahas potensi kerja sama sister city di sektor transportasi dan pariwisata.

Dia mengatakan, pertemuan dengan delegasi Ho Chi Minh City untuk memenuhi tantangan usai Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota, dan bertransformasi menjadi kota global. 

"Jakarta sangat terbuka untuk menerima kesempatan kerja sama, dan sangat mendukung sekiranya Ho Chi Minh City berminat melakukan studi banding terkait transportasi dan mitigasi permasalahan lingkungan," ujar Joko dalam keterangan resmi, Rabu (6/9/2023).

Dia berharap pertemuan tersebut kedepannya dapat ditindaklanjuti dengan mengembangkan kerja sama serta menciptakan sinergi yang baik, sehingga mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di kedua kota.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta Marulina Dewi menambahkan, Ho Chi Minh City dan Jakarta memiliki banyak kesamaan karakteristik. Hal ini tentunya menjadikan Kota di Vietnam tersebut sebagai mitra kerja sama yang prospektif.

“Terutama dalam mewujudkan Jakarta menjadi Kota Global sekaligus penggerak ekonomi di kawasan Asean,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Rakyat Ho Chi Minh City Bui Xuan Cuong menyampaikan, kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke luar negeri yang dilaksanakan paralel dengan partisipasi Ho Chi Minh City dalam Asean Business and Investment Summit (ABIS).

Dia melanjutkan, sebagai kota bisnis dan kota terbesar di Vietnam, Ho Chi Minh City tengah melakukan upaya reformasi pada sistem transportasi publik. 

“Kami melakukan digitalisasi dan penyederhanaan manajemen pelayanan kota, serta membangun strategi untuk menarik investor dan mitra kerja sama. Kami berharap dapat melanjutkan kerja sama yang baik dengan Jakarta,” tuturnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan tersebut, turut hadir Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah, serta perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, PT MRT Jakarta, dan PT Transjakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler