Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bangkitkan UKM, Dekranas Kolaborasi Produk Pacitan dan Flores

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerja sama dengan Pegadaian menggandeng perancang busana Samuel Wattimena untuk mendesaian kerajinan yang mewakili nilai-nilai lapisan masyarakat nusantara.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 23 September 2020  |  00:44 WIB
Koleksi batik Pacitan Stephanus Hamy - Bisnis/Duwi Setiya Ariyanti
Koleksi batik Pacitan Stephanus Hamy - Bisnis/Duwi Setiya Ariyanti

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerja sama dengan Pegadaian menggandeng perancang busana Samuel Wattimena untuk mendesaian kerajinan yang mewakili nilai-nilai lapisan masyarakat nusantara.

Desain tersebut diaplikasikan pada tas-tas belanja ramah lingkungan dan masker wajah pelindung kesehatan selama menjalani kebiasaan hidup baru di tengah pandemi Covid-19.

Alhasil, Sammy panggilan Samuel,  berhasil mengolaborasikan batik Pacitan sebagai dasar motif dengan produk anyaman karya UKM Du Anyam asal Flores NTT menjadi tas belanja kekinian.

Elizabeth Thohir, Ketua Bidang Pendanaan Dekranas mengatakan desain-desain yang diambil dari kekayaan budaya Indonesia memiliki pesan mengenai gotong royong, kolaborasi, keterbukaan, dan kepercayaan.

Hal tersebut senada dengan perusahaan BUMN seperti Pegadaian yang hadir memberi solusi di tengah masyarakat dan berkontribusi terhadap perkembangan dan perbaikan ekonomi melalui program tanggung jawab sosial.

“Salah satu contohnya desain dan produk hasil rancangan Samuel Wattimena untuk Pegadaian. Ini bukti bahwa budaya bisa menjadi inspirasi untuk menyemangati kita semua untuk bisa menjalani hidup dengan kenormalan baru dan bersama mengatasi pandemi Covid-19," kata Elizabeth dalam keterangan pers, Selasa (22/9/2020).

Keterlibatan UKM Du Anyam, lanjut Elizabeth, sejalan dengan ide Dekranas yang ingin membantu sektor UKM di bidang kerajinan yang terguncang karena pandemi Covid-19.

Dengan menunjuk UKM untuk memproduksi hasil rancangan desainer-desainer Indonesia, maka ini akan menjadi langkah strategis, cepat, dan konkret agar bisnis di sektor usaha kecil dan menengah kembali bangkit.

Du Anyam sendiri merupakan UKM yang beranggotakan perempuan-perempuan berbakat di Flores Nusa Tenggara Timur.

Dengan produk yang sudah mampu bersaing secara global, UKM ini punya tujuan memberdayakan wanita NTT, mempromosikan budaya Indonesia, dan meningkatkan kualitas kesehatan wanita khususnya di daerah yang masih tertinggal.

Selain dengan Pegadaian, Dekranas juga berkolaborasi dengan sejumlah desainer ternama dengan perusahaan BUMN lainnya, seperti Pertamina, PT Telkom, Bank BNI, dan Bank Mandiri untuk misi membantu sektor UKM bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik dekranas
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top