Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dua Hotel di DKI Jakarta Ini Mulai Tampung Pasien OTG Covid-19

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menginformasikan bahwa dua hotel menampung pasien konfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan yang tengah menjalani isolasi mandiri.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 28 September 2020  |  19:18 WIB
Ilustrasi - Gelanggang Olahraga (GOR) Tambora menjadi lokasi isolasi mandiri bagi belasan warga dengan kasus konfirmasi Covid-19 tanpa gejala di Jakarta, Selasa (25/8/2020). - Antara
Ilustrasi - Gelanggang Olahraga (GOR) Tambora menjadi lokasi isolasi mandiri bagi belasan warga dengan kasus konfirmasi Covid-19 tanpa gejala di Jakarta, Selasa (25/8/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani menginformasikan bahwa sudah ada dua hotel yang mulai beroperasi untuk menampung pasien konfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan yang tengah menjalani isolasi.

Kedua hotel itu meliputi Ibis Style di Mangga Dua, Jakarta Utara dan U Stay Hotel di Mangga Besar, Jakarta Barat. Menurut Fify, kedua hotel itu sudah mulai beroperasi pada Minggu (27/9/2020) kemarin.

“Saat ini kami membagi karena ini kan menjadi bumper flat isolasi mandiri, kalau untuk Ibis itu untuk wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur dengan kapasitas 212, untuk U Stay itu kapasitas 140 untuk wilayah Jakarta Barat dan Selatan,” kata Fify melalui keterangan virtual, Senin (28/9/2020).

Fify mengatakan hotel itu merupakan alternatif tempat isolasi cadangan dari isolasi di RSD Wisma Atlet. Dengan demikian, koordinasi penempatan pasien isolasi bakal dilakukan bersama dengan pemerintah pusat.

Menurutnya, prosedur perawatan pasien di fasilitas hotel ini berbeda. Dinas Kesehatan DKI Jakarta, jelasnya, akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan epidemiologi kepada pasien pasien-pasiedn di fasilitas tersebut.

“Secara prosedurnya tidak sama, Jadi, koordinasi itu yang kami bangun bersama pemerintah pusat untuk menerima pasien tersebut. Koordinasi kami dengan flat isolasi mandiri cukup bagus, jadi kalau dikatakan bahwa di sana sedang full banget, tarik rem dulu, maka kami pindahkan ke hotel. Jadi, tarik ulurnya seperti itu,” tuturnya.

Pemerintah Pusat menargetkan 18 hotel diperbantukan untuk menjadi tempat penampungan bagi pasien kategori Orang Tanpat Gejala atau OTG yang sedang menjalani isolasi. Ihwal biaya selama isolasi, dia mengatakan, seluruhnya ditanggung oleh Pemerintah Pusat.

“Sudah full Covid, jadi sudah tidak menerima pasien umum lagi. Itu memang oleh Kemenpar dikontrak full untuk seluruh pasien Covid-19. Jadi tidak menerima pasien umum,” tuturnya.

Adapun, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat penambahan 807 kasus konfirmasi positif Covid-19 per hari ini, Senin (28/9/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top