Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Temui DPRD DKI, Kapolda Metro Minta Bantuan Biaya Kampung Tangguh

Kampung Tangguh itu merupakan program inisitatif Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran untuk menegakkan peraturan, keamanan dan kesejahteraan sosial.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 26 November 2020  |  13:59 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran berkunjung ke pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta pada Kamis (26/11/2020) - Bisnis.com/Nyoman Ary Wahyudi
Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran berkunjung ke pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta pada Kamis (26/11/2020) - Bisnis.com/Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran sowan ke pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta untuk meminta dukungan biaya terkait realisasi Program Kampung Tangguh di wilayah Ibu Kota.

Adapun Kampung Tangguh itu sendiri merupakan program yang menjadi inisitatif Fadil untuk menegakkan peraturan, keamanan dan kesejahteraan sosial di tengah masyarakat.

“Kami minta dukungan agar saya ingin membangun kampung tangguh di Jakarta tentunya butuh dukungan biaya, dari situ mungkin DPRD DKI bisa mengalokasikan anggaran untuk memberdayakan masyarakat,” kata Fadil saat ditemui di DPRD DKI Jakarta pada Kamis (26/11/2020).

Fadil menerangkan konsep Kampung Tangguh itu nantinya sebagai proyek kolaboratif di maan di dalamnya ada kolaborasi antara pemerintah daerah, Forkopimda dan segenap elemen masyarakat.

“[Kampung Tangguh diterapkan] per RW. Di mana ada episentrum di situ, target pertamanya adalah satu, bagaimana kita menghadapi Covid-19. Kedua, bagaimana kita mengelola dampak sosial ekonominya. Kalau dia menggunakan konsep kampung tangguh maka akan lebih bisa dipertanggungjawabkan karena melibatkan warga,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, semasa menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, Fadil sukses mengembangkan program kampung tangguh yang diyakini juga berperan dalam upaya menekan angka positif Covid-19.

Menurut Fadil, kampung tangguh yang ada di Jakarta akan berbeda dengan kampung tangguh yang ada di Jawa Timur, karena disesuaikan dengan alam, budaya dan demografi masyarakatnya.

Saat ini, lanjut dia, tim akademis sedang melakukan kajian untuk membuat kampung tangguh di Jakarta sesuai dengan alam, budaya dan demografi penduduknya.

"Tim kami, Polda, dari Kodam Jaya, sedang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi potensi yang dimiliki oleh DKI dan dimiliki oleh masyarakt untuk sama-sama bergerak memberikan sumbangsih untuk kita bisa sinergi dan kolaborasi membebaskan Jakarta dari Covid-19," kata ia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dprd dki polda metro jaya kapolda metro jaya
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top