Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Viral WNA Bebas Keluar saat Karantina, Ini Klarifikasi Oakwood Apartments

Koalisi warga yang tergabung dalam Lapor Covid-19 mengungkapkan protes terhadap keberadaan banyaknya WNA yang melakukan karantina mandiri di apartemen dan hotel.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 30 April 2021  |  16:15 WIB
Seorang warga negara asing (WNA) berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/1/2021). - Antara\r\n
Seorang warga negara asing (WNA) berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/1/2021). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA — Pihak Oakwood Apartments PIK Jakarta menegaskan pihaknya telah menjalankan protokol Covid-19 terkait karantina pelaku perjalanan dari luar negeri yang baru tiba di Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan oleh General Manager Oakwood Apartments PIK Jakarta Christian Jacob seusai viral foto sejumlah wisatawan mancanegara (warga negara asing/WNA) yang terlihat bebas beraktivitas luar ruangan di Oakwood Apartments PIK Jakarta.

“Oakwood Apartments PIK Jakarta telah menjalankan prosedur sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan salah satunya adalah tamu tidak diperbolehkan keluar dari kamar hotel sebelum masa repatriasi selesai,” kata Christian melalui keterangan resmi, Jumat (30/4/2021).

Adapun, Christian membenarkan sejumlah foto yang beredar di instagram berasal dari tamu Oakwood Apartments PIK Jakarta. Hanya saja, dia menambahkan, mereka telah melewati masa wajib repatriasi selama lima hari.

“Tamu yang dimaksud sudah melakukan tes PCR selama dua kali berturut-turut dengan hasil negatif yang sudah ditentukan oleh laboratorium yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan,” kata dia.

Menurut dia, tamu itu memperpanjang masa menginap di Oakwood Apartments PIK Jakarta setelah rampung masa repatriasi. “Oakwood Apartments PIK Jakarta tidak menerima pasien OTG untuk menginap di hotel,” tuturnya.

Koalisi warga yang tergabung dalam Lapor Covid-19 mengungkapkan protes terhadap keberadaan banyaknya WNA yang melakukan karantina mandiri di apartemen dan hotel di lingkungannya.

Melalui akun Twitternya, @LaporCovid-19, koalisi warga itu mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam menangani pandemi lewat unggahannya pada Kamis (29/4/2021). Akun tersebut menyebutkan bahwa banyak WNA yang melakukan karantina di hotel dan apartemen secara bebas.

"Bobrok sekali karantina WNA di Indonesia. Ini beberapa yang terungkap di Oakwood Apartment PIK, mereka bebas berenang dan keluar," tulisnya.

Dalam unggahan, mereka menunjukkan sejumlah akun orang asing yang menceritakan pengalaman karantinanya di Jakarta sebelum berlibur ke Bali. Alih-alih mengisolasi diri di dalam kamar, para WNA disebut dengan bebas keluar masuk apartemen, bahkan berenang dan pergi ke mal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona WNA Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top