Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

20 Warga Semper Barat Positif Covid-19 Usai Hadiri Tahlilan

Klaster Covid-19 di Sempet Barat, Jakarta diduga muncul usai para warga menghadiri acara tahlilan.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  12:53 WIB
Ilustrasi - Petugas medis mengambil sampel swab tenggorokan salah seorang warga dalam pemeriksaan swab massal - ANTARA/Khalis\n\n
Ilustrasi - Petugas medis mengambil sampel swab tenggorokan salah seorang warga dalam pemeriksaan swab massal - ANTARA/Khalis\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 20 warga dari lingkungan RT 001/RW 004 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara terkonfirmasi positif Covid-19. Klaster itu diduga muncul usai acara tahlilan salah seorang warga yang meninggal akibat terinfeksi Covid-19 pada 24 Mei 2021 lalu.

“Ini dimulai dari almarhum, satu orang sekuriti yang kerjanya di Jakarta Selatan. Lalu keluarganya di sana positif, nah tetangga-tetangganya tahlilan, di sana mungkin penularannya,” kata Lurah Semper Barat Benhard Sihotang kepada Bisnis, Jumat (4/6/2021).

Selepas salah seorang warga meninggal akibat Covid-19, Benhard mengatakan pihaknya langsung melakukan penelusuran kontak erat terutama pada pihak keluarga yang bersangkutan.

Belakangan diketahui, 20 orang warga terinfeksi Covid-19 setelah dilakukan tes swab kepada 120 orang yang memiliki kontak erat pada acara tahlilan satu pekan sebelumnya.

“Keluarganya kita tracing berkoordinasi dengan puskesmas, langsung diswab,” ujarnya.

Kendati demikian, dia mengatakan, tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 dari hasil penelusuran kontak erat pada 120 orang itu hingga pagi ini.

“Sudah ada hasilnya alhamdulilah tidak ada penambahan kasus, yang positif itu kemarin saja yang sudah dibawa ke Rumah Sakit Wisma Atlet,” paparnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pihaknya telah melakukan penutupan atau lockdown wilayah di satu RT tersebut. Hal itu dilakukan sambil pemerintah melanjutkan proses vaksinasi kepada warga rentang usia 18 hingga lanjut usia (lansia) yang belum disuntik vaksin Covid-19.

“Sekarang sedang ada rencana vaksinasi warga yang di wilayah RT 001/RW 004 yang menjadi sasaran vaksinasi mulai dari usia 18 hingga lansia yang mungkin belum divaksin,” ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta Virus Corona Covid-19 Lockdown ppkm mikro
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top