Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polemik Road Bike, Wagub DKI Klaim Tidak Diskriminatif

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan uji coba kegiatan road bike di ruas jalan Jenderal Sudirman - M.H. Thamrin mulai 7 Juni 2021.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  08:38 WIB
Sejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsung uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5/2021). - Antara\r\n
Sejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsung uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5/2021). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza menegaskan tidak ada upaya menganakemaskan pesepeda road bike atau sepeda balap di jalan protokol Ibu Kota.

Ariza beralasan setiap sepeda sudah memiliki jalur lintas masing-masing yang sesuai dengan karakteristiknya.

“Sepeda lain sudah ada jalurnya. Road bike ini kecepatan tinggi, jadi memang harus berbeda,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2021) malam.

Menurut dia, uji coba jalur lintas untuk sepeda balap berangkat dari adanya kenaikan peminat pada jenis sepeda olahraga itu di Ibu Kota.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusaha untuk mewadahi minat masyarakat itu lewat uji coba di sejumlah jalur protokol DKI Jakarta.

“Ada peningkatan yang luar biasa, untuk itu kita harus memberikan penambahan jalur sesuai dengan peningkatan yang ada. Tidak untuk menganaktirikan yang lain,” kata dia.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan uji coba kegiatan road bike di ruas jalan Jenderal Sudirman - M.H. Thamrin mulai 7 Juni 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 11 Juni 2021 dari pukul 05.00 sampai dengan 06.30 WIB. 

"Pada pelaksanaannya nanti, seluruh peserta uji coba kegiatan road bike diimbau berada pada lajur jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Sementara, bagi kendaraan bermotor untuk tidak menggunakan lajur yang digunakan sebagai lintasan road bike," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (6/6/2021).

Dia menegaskan, pelaksanaan uji coba tersebut dilakukan tanpa penerapan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas jalan.

Seluruh peserta uji coba kegiatan road bike yang masih berada di ruas jalan Jenderal Sudirman - M.H. Thamrin setelah pukul 06.30 WIB, agar menggunakan jalur sepeda terproteksi yang telah tersedia.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Tetap patuhi rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan utamakan keselamatan selama di jalan," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda dki jakarta wagub dki
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top