Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Mulai Uji Coba Mobil Vaksin Keliling, Ini Lokasi dan Cara Daftarnya

Setiap mobil vaksin keliling akan berada di dua titik dengan target jumlah warga yang divaksinasi sebanyak 100 orang per hari per titik.
Warga menggunakan akses vaksin keliling di DKI Jakarta/Instagram-@aniesbaswedan
Warga menggunakan akses vaksin keliling di DKI Jakarta/Instagram-@aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 16 mobil vaksin keliling untuk mencapai target vaksinasi di Ibu Kota pada akhir Agustus 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan target vaksinasi di Ibu Kota yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi adalah 8,8 juta orang pada akhir bulan depan. Hingga kemarin, Rabu (7/7/2021), jelasnya, sebanyak 5 juta orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama di Jakarta.

"Dengan beroperasinya 16 mobil vaksin keliling ini, diharapkan akses terhadap vaksin akan lebih mudah menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat kapan saja dan di mana saja," demikian tulis Anies melalui akun Instagramnya.

Dia mengatakan keberadaan 16 mobil vaksin keliling tersebut merupakan hasil kolaborasi dari berbagai unsur. Tiga mobil dari Polda Metro Jaya, tiga dari Kodam Jaya, dua dari Kemendikbud, lima dari DKI Jakarta, dan tiga dari PT Magenta Media Tama.

"Ini juga hasil kolaborasi Jakarta Experience Board dengan Aprindo, Apindo, Hippindo, Kadin, dan tenaga relawan," sambung Anies.

Kemarin, DKI Jakarta telah memulai uji coba mobil vaksin keliling di Pasar Senen, Jakarta. "Bagi teman-teman yang ingin ikut program vaksinasi, tinggal unduh aplikasi JAKI, lalu pilih sendiri lokasi dan waktunya," pesan Anies.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti mengatakan dengan adanya mobil layanan vaksinasi Covid-19 keliling ini, dapat memudahkan warga DKI Jakarta untuk mendapat layanan vaksinasi Covid-19.

"Selain itu, kami juga tidak bosan untuk terus mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama berikhtiar melawan pandemi Covid-19 dengan mengikuti vaksinasi yang sudah disediakan pemerintah dan tetap . Oleh karenanya, dukungan dari masyarakat juga sangat penting . Karena, tanpa dukungan masyarakat, upaya-upaya yang telah dilakukan ini akan sulit berjalan dengan optimal,” ujarnya.

Saat ini Pemprov DKI akan menyiapkan sepuluh unit mobil vaksin keliling, dan setiap mobil vaksin keliling akan berada di dua titik dengan target jumlah warga yang divaksinasi sebanyak 100 orang per hari per titik. Di setiap mobil vaksin keliling ditempatkan lima petugas yang terdiri dari dua tenaga kesehatan dan tiga orang tenaga non medis.

Untuk tahap uji coba, titik lokasi mobil vaksin keliling akan ditempatkan di posko Jakarta Timur yang berlokasi di RPTRA Cempaka Sari, Cakung Barat, Jakarta Timur. "Untuk jumlah unit mobil ke depannya akan terus bertambah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper