Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Anies Peringati Hari Batik Nasional, Bersepeda dan Mengenakan Batik

Anies Baswedan memperingati Hari Batik Nasional dengan bersepeda mengenakan baju batik bersama komunitas pesepeda pada Sabtu (2/10) pagi.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 02 Oktober 2021  |  18:27 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Batik Nasional dengan bersepeda mengenakan baju batik bersama komunitas pesepeda pada Sabtu (2 - 10) pagi / Twitter
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Batik Nasional dengan bersepeda mengenakan baju batik bersama komunitas pesepeda pada Sabtu (2 - 10) pagi / Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Batik Nasional dengan bersepeda mengenakan baju batik bersama komunitas pesepeda pada Sabtu (2/10) pagi.

"Senang sekali bisa ikut gowes bareng B2W Indonesia dan komunitas pesepeda dengan memakai batik pagi tadi, merayakan Hari Batik Nasional," kata Anies dikutip dari akun Facebooknya, Sabtu (2/10/2021).

Anies mengungkapkan kegiatan bersepeda pada hari ini dilakukan selain untuk merayakan Hari Batik Nasional sekaligus mendorong kebiasaan bersepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

"Kita biasanya melihat sepeda sebagai alat olahraga, yang itu juga baik-baik saja silakan diteruskan. Begitu juga dengan batik, selama ini kita biasanya memakai batik hanya untuk acara-acara formal, padahal batik bisa juga untuk dipakai sehari-hari, termasuk untuk bersepeda," ujarnya.

Seperti diketahui, Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. 

Berdasarkan proposal File Nomination Batik Indonesia Reference No. 00170, 2009, yang diajukan ke Unesco pada 4 September 2008, disebutkan bahwa batik indonesia berhasil masuk dalam daftar warisan budaya takbenda Unesco (the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), yaitu badan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurusi kebudayaan.

Kemudian, pada 9 Januari 2009, Unesco menerima pendaftaran tersebut secara resmi. Pada tanggal 11 sampai dengan 14 Mei 2009, dilakukan pengujian tertutup oleh Unescodi Paris.

Barulah, pada 2 Oktober 2009, Unesco akhirnya mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda batik Anies Baswedan hari batik nasional
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top