Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung PMI DKI, Warga Kalibata City Kembali Lakukan Aksi Donor Darah

Setiap hari PMI DKI Jakarta membutuhkan sedikitnya 1.200 kantong darah.
Acara Kolaborasi Aksi PMI Jaksel dan Kalibata City, di kawasan Kalibata City, Jakarta Selatan, Sabtu (27/11/2021).-Istimewa
Acara Kolaborasi Aksi PMI Jaksel dan Kalibata City, di kawasan Kalibata City, Jakarta Selatan, Sabtu (27/11/2021).-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Palang Merah Indonesia DKI Jakarta membutuhkan sedikitnya 1.200 kantong darah per hari untuk keperluan medis di DKI Jakarta terutama untuk keperluan operasi ibu melahirkan secara caesar.

Oleh karena itu, kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Rustam Efendi, peran serta aktif dan dukungan masyarakat dalam membantu saudara-saudara mereka yang sedang membutuhkan darah sangat diperlukan.

“Setiap hari kami melakukan 1.000-1.200 kantong darah setiap harinya karena rumah sakit dan klinik bersalin membutuhkan darah, terutama untuk keperluan operasi [ibu melahirkan secara] caesar,” kata Rustam Efendi di sela-sela acara Kolaborasi Aksi PMI Jaksel dan Kalibata City, di kawasan Kalibata City, Jakarta Selatan, Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan ini berlangsung selama 27—28 November 2021. Selain kegiatan donor darah, acara tersebut juga diramaikan dengan acara mencukur rambut dan tes antigen secara gratis dengan menunjukkan donasi ke PMI Jakarta Selatan.

Aksi sosial ini mendapat tanggapan positif dari komunitas Warga Cinta Kalibata City (Warta Kalcit) dan seluruh penghuni apartemen Kalibata City, hal ini terlihat dari besarnya animo warga berpartisipasi dalam acara tersebut.

Rustam sangat mengapresiasi inisiatif badan pengelola dan warga Kalibata City yang rutin menyelenggarakan aksi donor darah sehingga pihaknya sangat terbantu.

“Kami berterima kasih kepada penghuni yang mau mengadakan gelar donor darah sehingga pasokan darah di DKI Jakarta hari ini tercukupi untuk masyarakat,” tuturnya. 

Warga Kalibata City Musdalifah Pangka mengatakan bahwa warga siap untuk terus bersinergi dengan instansi terkait, khususnya membantu PMI Jakarta Selatan dalam memenuhi target penyediaan darah. 

“Acara hari ini merupakan aksi donor darah warga Kalibata City yang ke-13 kalinya. Sebagai warga DKI Jakarta warga Kalibata City merasa punya tanggung jawab moral untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan,” kata Musdalifah Pangka.

Sementara itu, General Manager Apartemen Kalibata City Martiza Melati menuturkan bahwa kegiatan donor darah di Kalibata City rutin dilaksanakan di setiap tahun, hanya tahun lalu kegiatan ini tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan donor darah kali ini, pihaknya menargetkan sekitar 500 hingga 700 kantong darah terkumpul. Dia optimistis target tersebut dapat tercapai karena warga Kalibata City antusias mengikuti kegiatan sosial ini.

“Ada sekitar 13.000 KK di Kalibata City yang sebagian besar rutin mendonorkan darahnya setiap kali kami menyelenggarakan aksi donor darah. Di samping itu, warga juga selalu mengatakan kegiatan sosial lainnya, seperti santunan anak yatim, merayakan hari besar nasional, dan keagamaan. Semua kegiatan itu mempererat hubungan silaturahmi antarwarga,” kata Martiza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper