Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Haji Lulung Meninggal, Begini Sepak Terjangnya di PPP dan PAN

Abraham Lunggana atau lebih dikenal sebagai Haji Lulung sempat dirawat sepekan karena mengalami sakit jantung, sebelum meninggal dunia.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 14 Desember 2021  |  12:08 WIB
Tangkapan layar - Ketua DPW PPP Abraham Lunggana. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @hajilulung_24
Tangkapan layar - Ketua DPW PPP Abraham Lunggana. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @hajilulung_24

Bisnis.com, JAKARTA -  Abraham Lunggana atau lebih dikenal sebagai Haji Lulung sempat dirawat sepekan karena mengalami sakit jantung, sebelum meninggal dunia pada Selasa (14/12/2021).

Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta itu meninggal pada usia 62 tahun di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Pusat. Haji Lulung meninggal pada pukul 10.51 WIB akibat serangan jantung.

Ucapan belasungkawa disampaikan oleh sesama rekan PPP yang juga duduk di bangku DPR RI Achmad Baidowi.

"Innaalillaahi Wainnaa Ilaihi Roojiuun. Baru saja kabar dukacita. Ketua DPW PPP DKI abangda Haji Lulung meninggal dunia padaSelasa, 14 Desember 2021," tulis Achmad lewat pesan kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

Semasa hidupnya, Haji Lulung pernah menjabat sebagai Ketua Deparnas Pemuda Panca Marga 2019-2023. Kemudian, menjabat Ketua DPW PPP DKI Jakarta 2021-2026.

Selanjutnya, sebagai Anggota DPR RI Periode 2019-2024. Sebelum ke PPP DKI Jakarta, Haji Lulung sempat menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan partainya terbuka menerima Lulung untuk kembali bergabung.

"PPP berterima kasih dan mengapresiasi bergabungnya (kembali) Haji Lulung," kata Baidowi dalam keterangannya, Selasa, 7 September 2021, dikutip dari Tempo.co.

Baidowi mengatakan hal tersebut sudah melalui proses panjang dan diskusi dari hati ke hati, termasuk aspirasi dari para tokoh Betawi maupun ulama.

Dia mengaku mengikuti perjalanan tersebut, termasuk bertemu Lulung dalam konteks komunikasi politik.

"PPP memang habitat politiknya Haji Lulung, sehingga kembalinya beliau ke rumah lama tersebut merupakan kewajaran," ujar Baidowi.

"Kalau merasa di rumah baru tidak kerasan dan kembali ke rumah lama di PPP ya itu haknya Haji Lulung dan kami menyampaikan terima kasih."

Lulung, kata Baidowi, merupakan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan pernah menjadi Ketua DPW PPP DKI Jakarta.

Dia tak memungkiri bergabungnya Lulung diharapkan mampu membangkitkan gairah PPP di DKI Jakarta.

"Haji Lulung merupakan salah satu tokoh Ibu Kota yang berpengaruh," ucap Sekretaris Fraksi PPP ini.

Sementara, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan Lulung sudah menghubunginya melalui telepon untuk menyampaikan sikap itu.

"Benar Pak Haji Lulung kembali ke rumah lamanya di PPP," kata Eddy kepada wartawan, Selasa, 7 September 2021.

Eddy mengatakan, Lulung juga telah mengirimkan surat pengunduran diri, dan menyampaikan niat kembali ke partai kakbah untuk memimpin PPP DKI Jakarta. Lulung sebelumnya juga mengisi posisi itu sebelum keluar dan bergabung ke PAN.

Eddy pun mengucapkan selamat bertugas kembali di PPP kepada Lulung. Kendati, dia mengaku sedih lantaran Lulung adalah rekannya sesama anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat. Menurut Eddy, mereka sama-sama berjuang untuk isu-isu mineral dan batu baru serta energi baru dan terbarukan.

Dengan keluar dari PAN, Lulung otomatis mesti mengundurkan diri dari keanggotaan DPR. Kembali ke PPP, Lulung menjabat sebagai Ketua DPW PPP DKI Jakarta 2021-2026.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ppp haji lulung
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top