Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPRD DKI Pertanyakan Kesamaan Lokasi Renovasi Ancol dengan Sirkuit Formula E

DPRD DKI Jakarta memanggil Bank DKI dan Ancol untuk membahas terkait pemberian pinjaman Rp1,2 triliun dan ajang Formula E Jakarta 2022.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  15:48 WIB
Suasana lengang terlihat di Pantai Ancol, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Suasana lengang terlihat di Pantai Ancol, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi B DPRD DKI Jakarta mempertanyakan kesamaan lokasi renovasi yang dilakukan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA) dengan lokasi ajang Formula E yang akan dilaksanakan pada Juni 2022.

Pertanyaan tersebut dilontarkan anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Manuara Siahaan dalam rapat kerja dengan Ancol yang juga dihadiri oleh Bank DKI di kantor DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/12).

"Pinjaman refinancing dari Bank DKI untuk Ancol akan dialokasikan untuk apa? Formula E? Sebab, ada indikasi kesesuaian lokasi renovasi Ancol dengan lokasi trek Formula E," ujar Manuara, Selasa (28/12/2021).

Menurut data realisasi dan rencana pinjaman PJAA, Ancol dan Bank DKI sudah menandatangani kredit investasi untuk refinancing obligasi senilai Rp516 miliar yang akan jatuh tempo pada Februari 2022

Pinjaman tersebut sudah ditandatangani pada 20 Desember 2021 dengan jangka waktu pinjaman 9 tahun (2021-2030) dengan jaminan fixed aset dari wahana Dunia Fantasi (Dufan).

Total, dalam realisasi dan rencana pinjaman Bank DKI kepada Ancol, uang yang digelontorkan mencapai Rp1,239 triliun yang terbagi atas kredit modal kerja (KMK) dan kredit investasi (KI).

Bank DKI sebelumnya menyalurkan uang senilai Rp389 miliar yang dialokasikan untuk menutupi kondisi arus kas Ancol sebagai akibat pandemi Covid-19. Kredit sudah ditandatangani pada September 2021. Pinjaman tersebut memiliki jangka waktu kredit selama 1 tahun.

Untuk kredit investasi yang masih dalam rencana, Bank DKI siap menyalurkan uang senilai Rp334 triliun untuk belanja modal Ancol tahun 2022-2023 dengan jangka waktu kredit 9 tahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ancol dprd dki bank dki Formula E Championship Formula E
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top