Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster Bagi Pemudik di Stasiun dan Bandara Jakarta

Layanan vaksinasi booster diberikan untuk memudahkan pemudik memenuhi syarat mudik Lebaran 2022.
Ilustrasi vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menyediakan fasilitas vaksin booster bagi para pemudik. Layanan vaksinasi itu sudah tersedia di sejumlah Stasiun, Terminal, dan Bandara.

Sekadar informasi, vaksin booster kini menjadi salah satu syarat untuk mudik Lebaran 2022 tanpa surat keterangan bebas Covid-19. 

Vaksinasi booster diberikan kepada mereka yang telah memenuhi syarat yakni berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 3 bulan yang lalu.

Selain KTP asli, masyarakat diimbau untuk membawa kartu vaksinasi dan alat tulis. Adapun jenis vaksin yang digunakan Pfizer, Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna.

Berikut ini lokasi dan jadwal vaksin booster di Stasiun, Terminal, dan Bandara di Jakarta:

1. Stasiun Pasar Senen dan Gambir

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan pihaknya menggelar vaksinasi dosis pertama hingga ketiga di Stasiun Pasar Senen dan Gambir.

Layanan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Sejauh ini vaksinasi dijadwalkan untuk digelar sampai tanggal 30 April 2022. Daop 1 Jakarta mengimbau calon pengguna untuk menjalani vaksin selambatnya 1 hari sebelum jadwal keberangkatan.

2. Bandara Sukarno Hatta

Mengutip akun Twitter @CGK_AP2, Bandara Sukarno Hatta juga menyediakan vaksin booster di Hall Area Terminal Kedatangan 2 D-E Bandara Internasional Soekarno Hatta. Layanan vaksinasi digelar mulai 7 April 2022 pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Adapun syarat dan ketentuan yang diberlakukan Bandara Sukarno Hatta: 

- Usia minimal 18 tahun
- Membawa KTP asli
- Pengantar, penjemput dan penumpang dengan keberangkatan awal/akhir CGK
- Mematuhi protokol kesehatan
- Datang 4 jam sebelum keberangkatan
- Sudah mendapatkan vaksin dosis kedua selama minimal 3 bulan.

3. Terminal Kampung Rambutan

Terminal Kampung Rambutan juga melayani vaksinasi booster untuk para pemudik. Layanan tersebut telah mulai digelar pada Minggu, 17 April 2022. Selain itu terdapat pula pos pemeriksaan kesehatan bagi para pengemudi bus dan masyarakat di sekitar Terminal Rambutan.

Melansir akun Twitter Perhubungan Darat @hubdat151, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang turut hadir dalam pelaksaan vaksinasi booster di Terminal Rambutan pada minggu kemarin, mengimbau agar masyarakat melakukan vaksin booster dan mengatur waktu perjalanan lebih awal agar tidak menumpuk di puncak arus mudik pada 28-29 April. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper