Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik 2022, Kapolda Metro: 3,6 Juta Warga Sudah Tinggalkan Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut 3,6 juta warga telah meninggalkan Jakarta untuk mudik menuju kampung halaman.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 28 April 2022  |  21:07 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Kamis (17/12/2020). - Antara\r\n
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Kamis (17/12/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut 3,6 juta masyarakat telah meninggalkan Jakarta untuk mudik menuju kampung halaman.

Data tersebut berdasarkan laporan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Kalau lihat statistik kendaraan tinggalkan Jakarta ditotal sudah 900 ribuan kendaraan dikalikan orang di dalam 4 jadi ada 3,6 juta warga tinggalkan Jakarta," kata Fadil kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Menurut Fadil, jumlah tersebut masih separuhnya. Pasalnya, berdasarkan data lebih dari 7 juta warga Jakarta akan mudik Lebaran 2022.

Untuk itu, Polri telah menyiapkan Pospam dan Posyan untuk menjamin keselamatan masyarakat. Sehingga, mereka dapat pulang ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.

"Ada 27 pos sepanjang jalan arteri yang terbuhung Kalimalang sampai perbatasan Kedung Waringin, Bekasi sebelum masuk Karawang," ujarnya.

Sementara itu, Korlantas Polri mulai menerapkan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap di jalan tol, mulai hari ini. Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengajak masyarakat tertib menaati aturan tersebut.

"Mari taati aturan one way beserta ganjil-genap ini. Ikuti petunjuk petugas di lapangan. Untuk pengemudi agar tertib jalur dan lajurnya," kata Eddy dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Lebih lanjut, Eddy mengimbau para pemudik di jalan tol untuk tidak menggunakan bahu jalan kecuali darurat. Jika lelah diperjalanan, Eddy merekomendasikan rest area atau arteri sebagai tempat istirahat.

"Tidak berhenti di bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Silakan istirahat di rest area terdekat atau keluar ke arteri untuk istirahat. Setelah itu bisa masuk kembali ke jalur tol," ujarnya.

Eddy menyebut aturan ini diberlakukan demi kelancaran mudik masyarakat di lebaran 2022. Eddy berharap, one way dan ganjil-genap membuat pertemuan dengan keluarga menjadi nyaman.

"Dua rekayasa lalu lintas ini untuk kenyamanan masyarakat dan para pemudik bertemu keluarga masing-masing. Mudah-mudahan perjalanannya nyaman dan bahagia selalu," imbuhnya.

Eddy pun berpesan kepada masyarakat untuk berhati-hati di jalan. Dia mengingatkan masyarakat menjaga kondisi fisik dan kendaraan selama di perjalanan.

"Siapkan kondisi fisik dan pastikan dalam keadaan sehat wal afiat. Pastikan kondisi kendaraan yang digunakan siap pakai atau layak jalan, cek mesin, dan kelengkapan lainnya," tuturnya.

Adapun penerapan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap mudik 2022 mulai berlaku Kamis (28/4) hingga Minggu (1/5). Penerapannya mulai di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta Mudik Lebaran kapolda metro jaya Info Mudik
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top