Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rumah Panggung, Konsep Revitalisasi Permukiman di Pasar Gembrong

Pemerintah Provinsi DKI telah menyiapkan konsep revitalisasi permukiman warga korban kebakaran di Pasar Gembrong RW 01, Jatinegara, Jakarta Timur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  20:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta bersilaturahmi dengan korban kebakaran di Pasar Gembrong Jakarta Timur, Selasa (3/5/2022). - Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta bersilaturahmi dengan korban kebakaran di Pasar Gembrong Jakarta Timur, Selasa (3/5/2022). - Instagram @aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI telah menyiapkan konsep revitalisasi permukiman warga korban kebakaran di Pasar Gembrong RW 01, Jatinegara, Jakarta Timur.

Ketua RW 01 Maju Saiman mengatakan dirinya telah diperlihatkan sejumlah gambaran desain revitalisasi oleh Pemprov DKI saat Anies berkunjung ke Pasar Gembrong pada Senin (3/5/2022).

"Kalau gambaran saya, kita diperlihatkan rumah contoh yang sudah ada di Kampung Melayu, kira-kira seperti di sana, atau yang seperti di Senen. Kira-kira dicoba ditata seperti itu," kata Maju Saiman di Jakarta, Rabu (4/5/2022).

Pria yang akrab disapa Yongki itu menjelaskan revitalisasi permukiman warga Pasar Gembrong dibuat seperti konstruksi bangunan dengan konsep rumah panggung serupa di permukiman warga Kampung Pulo.

Yongki mengatakan warga di wilayahnya juga telah melakukan persiapan proses revitalisasi permukiman yang rencananya dimulai pekan depan.

"Hanya membersihkan jalan saja. Kalau ke dalam (permukiman) takutnya tumpang tindih dengan kebijakan pemerintah. Apakah (kontur bangunan) ditinggikan, apa direndahkan kan enggak tahu," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi permukiman warga Pasar Gembrong.

Dalam unggahan di akun Instagramnya @aniesbaswedan, dia meminta warga terdampak kebakaran turut menyuarakan aspirasi agar sesuai kebutuhan mereka dan bisa bangkit dari musibah.

"Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, ke depan kami juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri. Seperti sanitasinya, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya," kata Anies.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan revitalisasi pasar gembrong

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top