Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kunjungi Korban Kebakaran di Pasar Gembong Saat Lebaran, Anies Baswedan: Revitalisasi Dilakukan Minggu Depan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi lokasi kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  13:05 WIB
Kunjungi Korban Kebakaran di Pasar Gembong Saat Lebaran, Anies Baswedan: Revitalisasi Dilakukan Minggu Depan
Kebakaran melanda Pasar Gembrong Lama, Jakarta Pusat, pada Jumat dinihari (8/12/2017). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi lokasi kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Dia terlihat bertemu dan berbincang dengan warga yang terdampak.

"Di hari yang fitri kembali bersilaturahmi dengan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di kawasan Pasar Gembrong. Setelah salat Ashar di Mushala Al-Hikmah, kami melihat tim dapur darurat yang terdiri dari kolaborasi Baznas Bazis, PMI, Dinsos dan relawan lainnya sungguh kompak membantu para korban," kata Anies Baswedan dikutip dari Instagram, Selasa (3/5/2022).

Anies Baswedan juga berjanji akan merevitalisasi kawan tersebut. Dia kemudian mengajak warga sekitar yang terdampak untuk terlibat dalam proses revitalisasi kawasan tersebut pascakebakaran.

"Kami ingin mereka ikut menyuarakan aspirasinya, serta menjelaskan kebutuhan revitalisasi kawasannya, agar bisa tetap optimis menyongsong hari esok," katanya.

Anies Baswedan mengatakan proses revitalisasi kawasan ini akan dimulai minggu depan. Dia pun berharap agar pengerjaan revitalisasi tersebut berjalan lancar dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari Baznas Bazis DKI, Forkompinda, perwakilan warga, dan swasta.

"Revitalisasi ini akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga," katanya.

Anies Baswedan pun berharap warga yang terdampak kebakaran dapat kembali menempati hunian yang lebih baik. Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, lanjut Anies, Pemprov DKI akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri.

Seperti sanitasinya, pencahayaan , ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya. Hal terhadap bertujuan agar warga yang menempati kawasan yang sudah direvitalisasi memiliki gaya hidup dan kebiasaan baru, khususnya untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi.

"Kemarin kami juga memberikan bantuan berupa makanan cepat saji , yakni sejumlah paket nasi biryani untuk mereka . Walaupun tidak seberapa , Insya Allah dengan ini warga bisa merasakan santapan yang enak untuk Lebaran," pungkas Anies.

Sejumlah kios mainan hingga rumah warga di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur dilahap jago merah pada Minggu, 24 April 2022 sekitar pukul 20.30 WIB. Wasekjen Ikatan Pedagang Pasar Indonesia atau IKAPPI Choirul Furqon mengungkapkan identifikasi awal penyebab kebakaran karena korsleting listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta Anies Baswedan pasar gembrong
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top