Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IKN Pindah, Pemprov DKI Siap Ambil Alih Aset Di Sudirman-Thamrin

Wagub Ahmad Riza menyatakan Pemprov DKI siap mengambil alih dan mengelola aset pemerintah pusat di kawasan Sudirman-Thamrin jika Ibu Kota Negara resmi dipindahkan
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  12:22 WIB
IKN Pindah, Pemprov DKI Siap Ambil Alih Aset Di Sudirman-Thamrin
Kendaraan melintas di Jalan Sudirman saat diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, Senin (13/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap mengambil ambil dan mengelola aset pemerintah pusat yang berlokasi di kawasan Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin saat Ibu Kota Negara (IKN) resmi dipindahkan ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa langkah tersebut tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah pusat.

"Kalau pemerintah pusat menyerahkan pemeliharaan dan pengelolaan [aset di] Sudirman-Thamrin kepada Pemprov kami akan laksanakan sebaik mungkin," kata Riza kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Perihal ambil alih aset pemerintah pusat di kawasan tersebut didorong oleh pernyataan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi baru-baru ini.

Politisi PDIP tersebut meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengambil alih aset di kedua kawasan bertepatan dengan momen pemindahan Ibu Kota Negara ke Penajam Paser Utara. Menurutnya, pengelolaan asset tersebut jangan diserahkan kepada swasta.

Sekadar informasi, di kawasan Sudirman - Thamrin berdiri sejumlah aset pemerintah, diantaranya Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), gedung milik Kementerian Agama.

Kemudian di kawasan tersebut juga berdiri Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Gedung Sudirman Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Gedung Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta wagub dki jalan sudirman Ibu Kota Baru
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top