Rumah Bedeng di Sekitar JIS Dibongkar PT KAI, Wagub DKI Angkat Bicara

Wagub mengomentari soal ratusan rumah bedeng di kawasan Kampung Bambu, dekat Jakarta International Stadium (JIS) yang dibongkar, Selasa (11/10/2022).
Rumah Bedeng di Sekitar JIS Dibongkar PT KAI, Wagub DKI Angkat Bicara / Antara
Rumah Bedeng di Sekitar JIS Dibongkar PT KAI, Wagub DKI Angkat Bicara / Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengomentari soal ratusan rumah bedeng di kawasan Kampung Bambu, dekat Jakarta International Stadium (JIS) yang dibongkar, Selasa (11/10/2022) oleh PT KAI.

"Kita lihat kan ada permukiman yang padat, kumuh, kita tata supaya lingkungannya baik, pemandangannya baik dan menarik," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Terlebih, menurut Wagub, JIS merupakan stadion berskala internasional. Walhasil, harus dipastikan bahwa kawasan tersebut tertata dengan baik. Menurutnya, PT KAI juga tidak ada bermaksud menggusur warga setempat.

"Tentu bagi warga yang mempunyai hak akan dialokasikan sebagaimana tempat-tempat lain. Kan kita alokasikan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pihaknya telah melakukan pembongkaran 254 rumah bedeng atau semipermanen di kawasan Kampung Bambu dekat Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Meskipun demikian, dia memastikan tidak ada penertiban karena warga sudah kooperatif.

“Hari ini tidak jadi ada kegiatan penertiban di daerah kumuh Kampung Bambu ini karena memang warga sudah kooperatif melalui sosialisasi sebelumnya, kemudian pengosongan bangunan secara mandiri,” kata Eva dalam keterangan resminya, Selasa (11/10/2022).

Eva menjelaskan pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara dan unsur TNI-Polri untuk melakukan pengosongan. Terlebih, dia melanjutkan, pihaknya berfokus untuk membantu warga memindahkan barang-barang.

"Karena juga bisa dilihat hari ini kondisi bangunan sudah dikosongkan oleh warga, hari ini juga kita menyiapkan kendaraan truk untuk proses pemindahannya,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper