Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Jadi Saksi Pembaruan Kerja Sama MRT dan Crossrail Inggris

Anies Baswedan menjadi saksi penandatanganan MoU antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Crossrail International
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 14 Mei 2022  |  16:18 WIB
Penumpang antre di stasiun untuk naik MRT Jakarta pada saat libur Lebaran - MRT Jakarta
Penumpang antre di stasiun untuk naik MRT Jakarta pada saat libur Lebaran - MRT Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi saksi atas pembaruan kerja sama antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Crossrail International yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU).

Anies mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk mewujudkan perubahan khususnya di sektor transportasi. Penyebabnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin mengubah Jakarta dari kota yang padat lalu lintas dan tercemar menjadi kota yang lebih berkelanjutan dan tahan iklim.

"Transportasi memegang peranan penting. Sektor ini dilaporkan sebagai penyumbang pangsa emisi GRK (gas rumah kaca) terbesar. Kami menyadari bahwa sektor transportasi merupakan pilar penting bagi mobilitas perkotaan. Oleh sebab itu, Jakarta berkomitmen untuk mengubah sektor mobilitas perkotaan menjadi pendekatan yang lebih berkelanjutan," tuturnya lewat rilisnya, Sabtu (14/5/2022).

Anies menjelaskan, pembaruan kesepakatan ini ditegaskan dalam rangka perluasan jalur serta pembangunan sistem perkeretaapian perkotaan dalam mencapai mobilitas berkelanjutan secara global.

Adapun, penandatanganan MoU yang dilaksanakan di KBRI London pada Kamis (12/5/2022), dilakukan oleh Presiden Direktur PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dan Paul Dyson selaku CEO Crossrail International serta disaksikan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris Desra Percaya dan Anies Baswedan.

"Kerja sama ini merupakan tindakan kolektif dalam menghadapi krisis global untuk membangun dunia yang lebih tangguh dan berkelanjutan. Sejalan dengan tujuan ini, Jakarta telah mengatur ulang visi kota untuk berubah dari kota yang padat lalu lintas dan tercemar menjadi kota yang lebih berkelanjutan dan tahan iklim," ujar Anies.

Sementara itu, William Sabandar menyampaikan ke depan MRT Jakarta akan melakukan serangkaian implementasi dari kerja sama tersebut.

Dia mengatakan, MoU ini akan ditindaklanjuti segera dengan beberapa kegiatan konkret yaitu pembentukan Project Delivery Unit dan Capacity Building dalam rangka percepatan MRT Jakarta Fase 3 East West Line.

“Beberapa workshop juga akan dilaksanakan bersama antara MRT Jakarta dengan Crossrail International pada Juni 2022 sesuai dengan ruang lingkup MoU," kata William.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta Anies Baswedan kerja sama
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top