Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Lima Tahun Gubernur DKI, Begini Evaluasi Kinerja Anies Menurut PDIP

PDIP mengevaluasi kinerja Anies Baswedan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 06 September 2022  |  12:41 WIB
Lima Tahun Gubernur DKI, Begini Evaluasi Kinerja Anies Menurut PDIP
Sejumlah aktivis Forum Seniman Peduli Taman Ismail Marzuki (TIM) melakukan aksi menolak pengelolaan di Jalan Medan Merdeka Utara menuju Kantor Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Senin (22/8/2022). Aksi tersebut juga diikuti dengan pengajuan gugatan uji materiil kepada MA terhadap Peraturan Gubernur DKI Nomor 63 Tahun 2019 juncto Nomor 16 Tahun 2022 yang memberikan kewenangan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola Pusat Kesenian Jakarta TIM. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra - hp.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Gembong Warsono mengevaluasi kinerja Anies Baswedan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Dia menyinggung pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Menurut dia, pembangunan JIS bukan program prioritas. Pasalnya, program tersebut tidak masuk dalam 23 janji kampanye Anies Baswedan kala akan menjabat sebagai gubernur.

"JIS juga tidak masuk dalam program strategis daerah. Lalu, kenapa itu menjadi prioritas, karena mudah dikerjakan dan mudah dipamerkan. Seolah-olah keberhasilan yang luar biasa yang dicapai oleh Pak Anies selama lima tahun," kata Gembong kepada Bisnis, Selasa (16/9/2022).

Dia mengatakan, bahwa pembangunan JIS merupakan program berkelanjutan yang dimulai dari masa kepemimpinan Fauzi Bowo. Kala itu, stadion tersebut diberi nama Stadion Bersih Manusiawi dan Wibawa (BMW).

Pusat Dokumentasi HB Jassin

Di sisi lain, Gembong juga mengomentari soal peresmian Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin oleh Anies. Peresmian tersebut memang masuk dalam 23 janji kampanye Gubernur DKI tersebut. Namun, menurut Gembong, peresmian tersebut hanya sebagian kecil dari revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM).

"Jadi jangan dijadikan peresmian HB Jassin seolah olah revitalisasi TIM selesai, tidak. Tapi itu kepiawaian Pak Anies mengelabui warga Jakarta. Itu hanya hal kecil, bagian kecil dari revitalisasi. Kalau mau diresmikan secara utuh revitalisasi belum apa-apa," tegasnya.

Lebih lanjut, Gembong mengatakan, bahwa dari 23 janji ada dua program yang mudah dihitung dan bersifat kualitatif. Salah satu program yang bisa dihitung misalnya program pengentasan persoalan banjir.

"Kita selama lima tahun hanya berkutat soal istilah normalisasi atau naturalisasi, tapi dua-duanya ridak dikerjakan. Artinya, dalam konteks pengentasan banjir tidak dikerjakan, kecuali bersifat rutin dan pembangunan sumur resapan. Pembangunan sumur resapan itu bukan prioritas lagi," kata Gembong.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sambutan dalam pembukaan Festival Batavia Kota Tua di Jakarta, Jumat (26/8/2022). Festival yang berlangsung hingga Minggu (28/8) tersebut menampilkan sejumlah kesenian tradisional maupun modern dan memamerkan sejumlah produk UMKM di Jakarta sekaligus sebagai momentum diresmikannya wajah baru Kota Tua setelah direvitalisasi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Program OK OCE

Kemudian, terkait program OK OCE menurut Gembong jauh dari target. Gembong menjelaskan, bahwa ada tujuh tahapan untuk menjadi wirausahawan dari program tersebut. Namun, ternyata hanya yang mendaftar saja melampaui lebih dari 200 ribu wirausahawan baru.

"Sudah lebih dari 200 ribu, tapi hanya yang mendaftar. Belum memenuhi tujuh tahapan tadi. Maka, bahasanya Pak Anies kan hebat, tidak mencapai target tapi melampui, kenapa melampaui karena yang mendaftar lebih dari 200 ribu," katanya.

Gembong pun menyampaikan Fraksi PDIP nantinya akan menyiapkan rilis terkait evaluasi menyeluruh soal kinerja Anies selama lima tahun menjabat.

"Nanti pasti akan rilis evaluasi Pak Anies selama memimpin Jakarta selama lima tahun. Kami akan melakukan rilis itu, baik yang kualitatif maupun kuantitatif," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan pdip Jakarta International Stadium gubernur dki
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top