Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, DPRD Serahkan Tiga Usulan Nama Pj. Gubernur DKI ke Kemendagri

DPRD DKI Jakarta akan menyerahkan tiga usulan nama Pj. Gubernur pengganti Anies ke Kemendagri besok, Rabu (14/9/2022).
DPRD Serahkan 3 Usulan Nama Pj Gubernur DKI Jakarta ke Kemendagri Besok. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.rn
DPRD Serahkan 3 Usulan Nama Pj Gubernur DKI Jakarta ke Kemendagri Besok. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.rn

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan akan menyerahkan tiga usulan nama Penjabat (Pj.) Gubernur pengganti Anies Baswedan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) besok, Rabu (14/9/2022).

Hal tersebut diungkapkan olehnya setelah Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) bersama 9 fraksi DPRD DKI Jakarta.

Adapun ketiga nama yang resmi diusulkan ke Kemendagri adalah Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

"Tadi sudah saya tandatangani semua ke para pimpinan. Besok akan dikirimkan ke Kemendagri bahwa yang terjaring ada tiga nama yaitu Heru, Marullah dan Bahtiar," kata Prasetyo.

Prasetyo mengatakan bahwa ketiga nama tersebut termasuk sesuai kriteria untuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta. Terlebih mereka juga mumpuni di bidangnya dan memiliki pengalaman di Pemerintahan.

"Dari satu sisi pak Bahtiar dari Kementerian, pernah menjabat Plt Gubernur. Marullah sebagai Sekda [Sekretaris Daerah] dan pernah menjadi Wali Kota Jakarta Selatan. Heru juga pernah menjadi Wali Kota Jakarta dan Kabiro KDH dan KLN [Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri] zaman Jokowi. Saya rasa mumpuni," papar Prasetyo.

Kendati demikian, Prasetyo mengatakan bahwa dirinya menyerahkan hasil akhir kepada Presiden Joko Widodo. Diketahui Kemendagri juga nantinya akan menyerahkan tiga nama usulan Pj Gubernur. Sehingga ada enam nama yang diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Itu hak pak Jokowi, yang penting PR [Pekerjaan Rumah] permasalahan Jakarta yang belum terselesaikan harus dieksekusi," katanya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) untuk menentukan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan di Ruang Paripurna Gedung DPRD, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022). Dalam rapat tersebut hadir Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi dan 9 fraksi DPRD DKI Jakarta.

Kesembilan fraksi tersebut kemudian menyerahkan surat berisi tiga nama yang akan diusulkan kepada Prasetyo. Sehingga, ada 27 nama yang diserahkan ke Ketua DPRD dalam rapat tersebut.

Prasetyo kemudian membacakan nama-nama yang diusulkan oleh fraksi di DPRD dimulai dari  PDIP, Gerindra, PKS Demokrat, PAN, PSI, NasDem, Golkar, dan PKB-PPP.

Seluruh fraksi mencantumkan nama Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali. Kemudian enam fraksi mengusulkan Dirjen Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

Selain itu, tiga fraksi juga mengusulkan Deputi IV  Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro. Dari hasil tersebut, Ketua DPRD kemudian menetapkan tiga nama calon PJ Gubernur dari usulan terbanyak.

Ketiga nama tersebut yakni Heru Budi Hartono, Marullah Matali, dan Bahtiar. "Yang akan diserahkan ke Kemendagri Heru, Marullah, dan Bahtiar. Apakah ini disetujui," kata Prasetyo yang diikuti teriakan setuju para fraksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper