Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Bujuk DKI Gelontorkan Subsidi untuk Tarif Murah KA Bandara

Kemenhub tengah mengupayakan pengurangan besaran tarif Kereta Api (KA) Bandara.
Kereta api bandara memasuki Stasiun Sudirman Baru, di Jakarta, Selasa (26/12/2017)./Bisnis-Endang Muchtar
Kereta api bandara memasuki Stasiun Sudirman Baru, di Jakarta, Selasa (26/12/2017)./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengupayakan penurunan besaran tarif Kereta Api (KA) Bandara

Hal ini dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau Kereta Api Bandara Soekarno Hatta bersama Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. 

Menhub mengatakan, tiket KA Bandara bisa dijual dengan harga yang lebih murah jika pihaknya berhasil memperoleh subsidi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

“Kalau soal tarif [KA Bandara], makanya saya ajak Pak Gubernur. Dia ini dermawan ada Transjakarta, ada macam-macam. Itu Pak Gubernur keluarin kocek, siapa tau nanti jadi lebih murah,” ujarnya kepada wartawan dikutip Senin (29/5/2023). 

Dalam kesempatan yang sama, Heru juga membenarkan rencana subsidi KA Bandara yang akan dikeluarkan oleh Pemda DKI Jakarta. 

Dikatakannya, Pemda DKI Jakarta akan mendukung seluruh kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. 

Namun demikian, Heru tak menampik bahwa rencana tersebut memang perlu dikaji lebih dulu di lingkup internal Pemda DKI Jakarta.

“Intinya Pemda DKI akan back up kebijakan-kebijakan pusat,” tutur Heru. 

Seperti diketahui, Seperti diketahui, terdapat empat stasiun di wilayah Jakarta dan Tangerang yang menyediakan layanan KA Bandara Soekarno Hatta. Keempatnya adalah Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, serta Stasiun Batu Ceper. 

Mengutip dari akun Instagram @commuterline, Senin (29/5/203), tiket rute Bandara – Duri, Bandara – BNI City, Bandara – Manggarai dan sebaliknya dibanderol seharga Rp30.000 untuk kereta premium dan kereta eksekutif. 

Sementara itu, tiket kereta premium untuk rute Bandara – Batu Ceper dan sebaliknya dipatok seharga Rp25.000.

Selanjutnya, harga tiket kereta premium untuk rute Manggarai – Duri, Manggarai - BNI City, Manggarai - Batu Ceper, BNI City – Duri, BNI City – Batu Ceper, serta Batu Ceper – Duri dan sebaliknya adalah senilai Rp10.000.

Sedangkan, harga tiket kereta eksekutif rute Batu Ceper – Manggarai, Batu Ceper – BNI City, serta Batu Ceper – Bandara dan sebaliknya dibanderol senilai Rp35.000. Kemudian, tiket kereta eksekutif dengan rute Batu Ceper – Duri dan sebaliknya adalah seharga Rp25.000.

Adapun, harga tiket eksekutif untuk rute Manggarai – Duri, Manggarai – BNI City, dan Duri – BNI City dan sebaliknya dipatok seharga Rp10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper