Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinkes DKI Sebut Pasien Positif Covid-19 Tidak Wajib Isolasi, Tapi Wajib Masker

Dinkes DKI sebut pasien positif Covid-19 tidak wajib melakukan isolasi seiring dengan kondisi Covid-19 Jakarta yang telah terkendali.
Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)
Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)

Bisnis.com, JAKARTA — Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI menyebutkan pasien positif Covid-19 di Jakarta tidak wajib melakukan isolasi seiring dengan situasi Covid-19 Jakarta yang sudah terkendali.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, pihaknya telah berbicara dengan para stakeholder, dimana pasien positif Covid-19 tidak perlu untuk isolasi melainkan wajib menggunakan masker. 

“Jika sulit memantau pasien positif Covid-19, maka bisa dibuat kebijakan isolasi mandiri hanya selama bergejala saja, atau isolasi 3-5 hari saja,” ujar Ngabila dalam keterangan resmi, Selasa (13/6/2023).

Adapun pertimbangan tidak wajib isolasi dikarenakan inkubasi Covid-19 saat ini berkisar 1-5 hari dari bergejala sampai dengan sembuh. dari bergejala. 

“Inkubasi Covid-19 sekarang berkisar 1-3 hari dan 3-5 hari. Namun, mencegah sakit tetap yang terbaik. Inkubasi adalah waktu yang dibutuhkan dari virus masuk ke tubuh sampai timbul gejala hari pertama,” jelasnya. 

Sebagai informasi, kondisi Covid-19 di Jakarta sangat terkendali. Menurut Ngabila, kasus positif dalam seminggu terakhir hanya 540 kasus atau setara dengan rerata 70 kasus positif baru per hari. 

Dari 540 kasus tersebut hanya 4 kasus kematian yang tercatat dalam seminggu terakhir, dimana semua berusia 50 tahun ke atas dan belum vaksinasi dosis ke-4.

Kemudian, tingkat bed occupation rate (BOR) untuk pasien isolasi selama seminggu terakhir hanya 5 persen atau setara dengan 94 kasus rawat inap dari total 1.996 tempat tidur yang disiapkan, dan ruang ICU hanya 8 persen atau setara dengan 34 kasus rawat inap dari total 405 tempat tidur yang disiapkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper