Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Iduladha, Dinas KPKP DKI Pastikan Hewan Kurban Bebas LSD

Dinas KPKP DKI Jakarta memastikan hewan kurban yang masuk ke Ibu Kota bebas dari penyakit kulit lumpy skin disease (LSD) jelang Iduladha
Jelang Iduladha, Dinas KPKP DKI Pastikan Hewan Kurban Bebas LSD / Istimewa
Jelang Iduladha, Dinas KPKP DKI Pastikan Hewan Kurban Bebas LSD / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Dinas KPKP) DKI Jakarta memastikan hewan kurban yang masuk ke Ibu Kota bebas dari penyakit kulit lumpy skin disease (LSD) jelang Iduladha.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap hewan kurban yang akan masuk ke Jakarta agar terbebas dari berbagai penyakit khususnya LSD.

“Kita sangat ketat, yang kita periksa tidak hanya sample dan dokumen administrasi, tapi ekor per ekor kita periksa, dan itu kelihatan jika penyakit seperti LSD muncul di hewan kurban,” ujar Suharini di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Penyakit seperti LSD dinilai mudah terlihat oleh para pemeriksa, pasalnya penyakit ini muncul di permukaan kulit hewan kurban berbentuk benjolan kecil. Disamping itu, kondisi suhu hewan kurban juga tinggi dan nafsu makan rendah.

Meskipun dinilai aman, Dinas KPKP DKI tetap mewaspadai sejumlah wilayah di sekitar Jakarta yang sering memasokan hewan kurban, antara lain Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk itu, pihaknya juga menggandeng Pejabat Otoritas Veteriner dalam rangka memastikan hewan kurban yang dikirim sehat.

“Jadi sebelum mereka akan masuk ke Jakarta, pasti mereka sudah menghubungi kita kalau akan ada peternak yang akan masuk ke Jakarta, yang nantinya para peternak ini akan diberikan surat keterangan hewan,” jelasnya.

Selain memberikan surat keterangan hewan, peternak yang akan memasokan hewan kurban ke Jakarta juga harus memiliki surat hasil test PCR negatif LSD karena saat ini belum ada sertifikat vaksinasi LSD.

“Sekarang ini kan belum diwajibkan sertifikat vaksinasi LSD, sehinga kita kalau memang itu daerahnya adalah daerah yang ada positif LSD, pasti kita wajibkan ada hasil PCR negatifnya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper