Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Sebut Jumlah Transaksi JakCard Tumbuh 104,86 Persen Hingga Semester I-2023

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan jumlah transaksi JakCard terus mengalami pertumbuhan, dimana hingga Semester 1-2023.
Kartu Transjakarta gratis berbasis JakCard/Bank DKI
Kartu Transjakarta gratis berbasis JakCard/Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA —  BUMD DKI PT Bank DKI jumlah transaksi JakCard terus mengalami pertumbuhan, dimana pada semester I-2023 tumbuh 104,86 persen dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya.

“Hingga Juni 2023, total transaksi penggunaan JakCard mencapai 5,1 juta atau tumbuh 104,86 persen dibandingkan Juni 2022 sebesar 2,5 juta transaksi,” ujar Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy dalam keterangan resmi, Sabtu (29/7/2023).

Menurut Fidri, pertumbuhan jumlah transaksi tersebut karena Bank DI terus memperluas akseptasi JakCard, dimana saat ini JakCard bisa digunakan untuk berbagai tiket masuk, seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Taman Impian Jaya Ancol, dan berbagai museum kelolaan Pemprov DKI Jakarta.

“JakCard juga dapat digunakan di sejumlah ruas tol, termasuk Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota, hingga tol Bali-Mandara,” jelasnya.

JakCard pun juga dapat digunakan untuk tiket Transjakarta, Mikrotrans, MRT, LRT Jakarta, serta LRT Jabedebek.

Seperti diketahui, Bank DKI belum lama ini telah melakukan kolaborasi bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Dalam kerjasama ini, pengguna moda angkutan massal kini dapat mendapatkan tiket Kereta Rel Listrik (KRL) menggunakan JakCard.

Menurut Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono, kolaborasi tersebut menjadi momentum penting dalam upaya perluasan akseptasi JakCard bagi masyarakat, khususnya para pengguna KRL yang memiliki mobilitas tinggi.

“Bank DKI menghadirkan kemudahan dalam ekosistem transaksi non-tunai di DKI Jakarta melalui implementasi ini karena sejalan dengan dukungan Bank DKI dalam mewujudkan integrasi pembayaran transportasi umum di DKI Jakarta,” jelas Amirul.

Sebagai informasi, berdasarkan data volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sepanjang Juli 2023 hingga 25 Juli mencapai sebanyak 19.370.263 orang. Sementara rata-rata pengguna di hari kerja sebanyak 857.968 orang per hari dan rata-rata pada hari libur dan akhir pekan sebanyak 626.974 orang per hari, dengan pengguna terbanyak pada Senin 3 Juli lalu yaitu sebanyak 912.923 orang.

Adapun jumlah transaksi pembayaran tiket Commuter Line Jabodetabek dengan menggunakan kartu tap (Kartu Multi Trip dan Uang Elektronik Bank) sebanyak 95 persen dari total transaksi. Sedangkan transaksi menggunakan QR Code sebanyak 5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper