Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Pasang Water Mist, Ini Cara Pengelola GBK Tekan Polusi Jakarta

Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) akan memperbanyak pohon untuk membantu menekan polusi Jakarta, bukan dengan memasang warter mist generator
Bukan Pasang Water Mist, Ini Cara Pengelola GBK Tekan Polusi Jakarta. Kawasan Stadion Gelora Bung Karno/Bisnis-Andhika
Bukan Pasang Water Mist, Ini Cara Pengelola GBK Tekan Polusi Jakarta. Kawasan Stadion Gelora Bung Karno/Bisnis-Andhika

Bisnis.com, JAKARTA — Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) tidak akan memasang alat water mist generator yang berfungsi untuk menekan polusi udara.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah mengimbau gedung-gedung tinggi di Jakarta untuk memasang alat tersebut dalam mengendalikan kualitas buruk udara ibu kota. 

Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo mengatakan, sebagai ganti tidak memasang alat itu, pihaknya berencana untuk melakukan penambahan pohon yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK). 

“Kalau di kita dalam membantu upaya Pemprov DKI, terutama dalam kualitas udara, kita sekarang lagi menyiapkan beberapa studi, salah satunya kita akan menambah beberapa pohon lagi, kita coba tanam lagi,” ujar Rakhmadi di Wisma Bisnis Indonesia yang dikutip, Selasa (26/9/2023).

Adapun jumlah pohon yang akan ditambahkan tersebut sebanyak 61 pohon. Penambahan pohon ini tidak menyerap anggaran besar karena sudah termasuk dalam biaya perawatan kawasan GBK.

“Kita melihat memang penting area hijau, maka kita akan menambah lagi,” jelasnya.

Sebagai informasi, penambahan 61 pohon di kawasan GBK tersebut nantinya akan dilakukan pada 10 Oktober 2023. Penanaman ini sekaligus untuk menyambut ulang tahun GBK yang ke-61. 

“Detailnya nanti saya cerita lagi, tapi saya ga hafal, yang pasti dalam rangka HUT GBK juga, GBK ulang tahun ke 61 tahun, makanya kita minimum memasang 61 pohon,” jelasnya. 

Berdasarkan catatan, Pemprov DKI mengklaim sebanyak 79 gedung swasta telah memasang alat Water Mist generator untuk membantu mengendalikan polusi. 

Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, sampai saat ini jumlah pemasangan water mist generator di gedung-gedung swasta telah dilakukan di 79 bangunan. 

“Untuk water mist ada beberapa penambahan lokasi gedung, hingga 22 September 2023 gedung swasta yang sudah terpasang water mist tercatat sebanyak 79 gedung,” ujar Ani dalam keterangan resmi, yang dikutip Sabtu (23/9/2023). 

Dia merincikan, ke 79 gedung tersebut berlokasi di Jakarta Pusat sebanyak 4 gedung, Jakarta Utara sebanyak 4 gedung, Jakarta Barat sebanyak 27 gedung, Jakarta Selatan sebanyak 40 gedung, dan Jakarta Timur sejumlah 4 gedung. 

Sebagai informasi, jumlah tersebut mengalami penambahan 68 gedung swasta yang telah memasang water mist, sebelumnya baru terpasang 11 gedung.  

Adapun ke-11 gedung swasta tersebut adalah Menara Astra yang berlokasi di Jakarta Pusat, kemudian PT Kencana Unggul Sukses, PT PLN Jawa Bali, dan Apartemen Green Lake Sunter yang berlokasi di Jakarta Utara. 

Selanjutnya, gedung LTC Glodok, Harco Glodok, dan Pantjoran China Town yang berlokasi di Jakarta Barat. Terakhir di Jakarta Timur yakni gedung PT Pama Persada, PT United Tractors Tbk (UNTR) yang dipasang di lantai 8 dan 10, PT Soho Global Health, dan PT Waskita Rajawali Tower. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper