Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Sebut Sudah Dihubungi PDIP untuk Maju di Pilkada Jakarta

Anies Baswedan mengaku telah dihubungi oleh PDI Perjuangan (PDIP) terkait pencalonannya sebagai gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.
Anies Baswedan,Ahad (7/1/2024). Bisnis/Abdurachman
Anies Baswedan,Ahad (7/1/2024). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta (2017-2022) Anies Baswedan mengaku telah dihubungi oleh PDI Perjuangan (PDIP) terkait pencalonannya sebagai gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Anies mengungkapkan bahwa komunikasi tersebut dijalinnya dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta yang telah menyodorkan namanya sebagai bakal calon gubernur ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Sudah, DPD PDIP sudah menyampaikan kepada saya. Saya sampaikan terima kasih, apresiasi, dan kita lihat prosesnya ke depan,” katanya kepada wartawan di kantor DPW PKB, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

Ketika ditanya apakah komunikasi itu juga menyangkut nama eks Panglima TNI Andika Perkasa yang masuk bursa Jakarta 1, Anies tidak menjawab secara gamblang.

Menurut Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu, fokusnya saat ini masih berada pada komposisi partai pengusung.

“Urutannya tadi tentu pengusung yang cukup, baru setelahnya bicara pasangan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Anies juga menyebut telah berkomunikasi dengan partai lainnya, tak terkecuali Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, dia meminta seluruh pihak menunggu agar proses dialog itu selesai terlebih dahulu.

"Semuanya sudah ada pembicaraan, tapi kita tunggu seluruh proses sampai selesai. Tidak ada catatan khusus [dari partai lain], mengalir saja,” pungkasnya.

Sebelumnya, DPD PDIP DKI Jakarta telah menyetorkan nama Anies Baswedan ke Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Juru Bicara PDIP Chico Hakim mengatakan bahwa Anies merupakan salah satu dari sejumlah sosok yang juga diajukan sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta dari PDIP.

"Kalau tidak salah ada lebih dari 5 nama yang diusulkan ya, Pak Anies itu hanya salah satunya saja," tuturnya kepada Bisnis di Jakarta, Selasa (11/6).

Menurutnya, PDIP masih terus mengkaji dan membuka banyak kemungkinan terkait sosok kuat yang akan diusung di Pilkada Serentak 2024, termasuk di Jakarta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper