Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Ungkap Modus Oknum HRD Pakai Data Pencari Kerja untuk Pinjol

Polisi mengungkap mengungkap dua modus terlapor berinisial R menyalahgunakan data pribadi 12 korban untuk pinjaman online di sejumlah aplikasi.
Logo Polda Metro Jaya/Bisnis-Anshary Madya Sukma
Logo Polda Metro Jaya/Bisnis-Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA -- Polda Metro Jaya mengungkap dua modus terlapor berinisial R yang diduga menyalahgunakan data pribadi 12 korban untuk menarik pinjaman online di sejumlah aplikasi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi menyampaikan dua modus itu adalah menawarkan pekerjaan admin gerai ponsel dan undian berhadiah kepada korban.

Namun, Ade tidak menjelaskan secara detail terkait jumlah undian berhadiah yang disampaikan ke belasan korban tersebut.

"Kemudian korban diminta oleh terlapor untuk menyerahkan beberapa persyaratan, antara lain identitas diri, data diri, KTP, dan juga foto selfie dengan KTP," ujar Ade di Jakarta, dikutip Rabu (10/7/2024).

Dia menambahkan, usai data korban diterima terlapor. Selanjutnya, data tersebut digunakan oleh terlapor untuk melakukan pinjaman online dengan menginstal sejumlah aplikasi melalui ponsel korban tanpa izin.

"Jadi seolah-olah korban itu melakukan pinjaman, antara lain, kredit online ya, seperti Shopeelater, Adakami, Home Credit, Kredivo, Akulaku, yang mana para korban ini tidak pernah mengajukan transaksi tersebut," tambahnya.

Secara kumulatif, kerugian korban dalam perkara ini disebut mencapai Rp1,17 miliar. Dalam hal ini, Ade menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pendalaman melalui Polres Metro Jakarta Timur.

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly mengatakan terlapor R disebut melakukan dugaan tindakan perbuatan melawan hukumnya seorang diri atau tidak berkomplot.

"Untuk sampai saat ini pemeriksaan kami terhadap para saksi yang ada, bahwa terlapor R ini melakukan seorang diri," ujarnya belum lama ini.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler