Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pramono-Rano Karno Janji Lanjutkan Pembangunan dari Era Sutiyoso hingga Anies

Pasangan Pramono-Rano Karno janji akan melanjutkan pembangunan yang dimulai Gubernur Sutiyoso hingga Anies Baswedan.
Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta dari PDIP Pramono Anung dan Rano Karno. Dok Instagram @si.rano
Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta dari PDIP Pramono Anung dan Rano Karno. Dok Instagram @si.rano

Bisnis.com, JAKARTA -- Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno menyatakan bakal melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan sejak era Gubernur Sutiyoso hingga Anies Baswedan. 

Saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Rabu (28/8/2024), Pramono mengatakan bahwa Jakarta menjadi pusat perekonomian nasional dan kota global sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ). 

Pramono mengatakan siapapun yang akan menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta harus bertanggung jawab mewujudkan amanah itu. 

Pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Kabinet itu juga menyinggung bahwa pembangunan Jakarta sudah berlangsung dari kepemimpinan gubernur ke gubernur lainnya. Akan tetapi, pelaksanaannya tidak berkelanjutan. 

"Kami berdua kalau diberikan kesempatan apa yang menjadi legacy, mulai dari pak Sutiyoso, bang Foke [Fauzi Bowo], kemudian pak Ahok, pak Djarot, pak Anies, semuanya akan kita lanjutkan dan kita akan lakukan perbaikan. Karena enggak bisa pembangunan itu dilakukan sepotong-potong," jelasnya di Kantor KPU Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Menurut Pramono, pengalaman yang dia miliki selama dua periode di kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mengajarkannya banyak hal.

Mulai dari pembangunan sistem transportasi massal seperti MRT dan LRT hingga kemacetan.

Hal itu dipelajarinya saat menghadiri rapat-rapat kabinet di Istana.

"Tagline nanti penting. Gimmick penting. Tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah kontinuitas melakukan pembangunan itu," jelas pria yang pernah menjabat Sekjen PDIP itu. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Pramono Anung–Rano Karno tiba di KPU Jakarta untuk mendaftar di Pilkada Jakarta 2024. 

Beberapa elite PDIP juga tampak mengawal Pramono–Rano berjalan kaki menuju kantor KPUD seperti Ketua DPP Eriko Sotarduga hingga Ketua DPP sekaligus mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Sebelumnya, rombongan Pramono-Rano bertolak dari DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta setelah pelepasan yang turut dihadiri oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Kemudian, mereka sempat berkendara menggunakan oplet sampai dengan sekitaran Kantor KPUD Jakarta, sebelum memutuskan untuk berjalan kaki lantaran kondisi lalu lintas macet. 

Pramono–Rano menjadi bakal pasangan calon yang pertama mendaftar di Pilkada Jakarta hari ini, Rabu (28/8/2024).

Rencananya, bakal pasangan calon Ridwan Kamil–Suswono juga akan mendaftar di KPUD Jakarta sekitar pukul 13.30 WIB.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper