Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obral Program RK-Suswono, dari Mobil Curhat, CFD per Kecamatan, hingga Kredit Tanpa Bunga

Ridwan Kamil-Suswono mengumbar berbagai janji apabila memenangkan Pilkada Jakarta, mulai dari mobil curhat, car free night, hingga penambahan wilayah hijau.
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024). / JIBI-Anshary Madya Sukma
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024). / JIBI-Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono telah menyiapkan sejumlah prorgam untuk pembangunan metropolitan tersebut apabila memenangkan Pilkada Jakarta 2024.

Bacagub DKI Jakarta Ridwan Kamil membeberkan progam yang akan disajikan apabila terpilih di Pilkada 2024 yaitu, memberdayakan RW di wilayah dengan diberikan anggaran langsung.

Nantinya, ribuan RW diharapkan dapat melakukan inisiatif untuk membangun Jakarta menjadi lebih baik. Kemudian, program anak sahabat lansia juga akan direalisasikan untuk transfer komunikasi antar generasi.

Dalam program anak sahabat lansia akan ada timbal balik antara anak dan lansia. Misalnya, lansia akan mendapatkan teman mengobrol untuk menghilangkan rasa sepi, sementara anak nantinya akan mendapatkan kearifan dari lansia. 

Program lainnya adalah mobil curhat. Kendaraan tersebut nantinya akan berisi konselor atau ahli di bidangnya. Dengan demikian, warga Jakarta nantinya tidak perlu lagi meluapkan curahan emosinya melalui media sosial.

"Kita sedang mempersiapkan namanya mobil curhat. Sebuah kendaraan isinya konsuler, psikiater yang diperbanyak dimana-mana, sehingga kesehatan mental orang stress bisa curhat yang selama ini mungkin curhatnya ke HP [media sosial]," ujar RK di Jakarta, Minggu (1/9/2024).

Selain itu, dia juga menyampaikan aturan car free day atau CFD akan disebar di seluruh kecamatan dan Jakarta. Alhasil, warga tidak perlu berbondong-bondong lagi untuk merasakan CFD ke pusat kota.

Selanjutnya, program car free night juga bakal diberlakukan satu vulan sekali. Nantinya, pada program tersebut akan diselenggarakan juga bazar UMKM serta festival budaya.

Lebih lanjut, RK-Suswono berjanji akan meningkatkan wilayah hijau di Jakarta agar bisa menyerap polusi udara. Dari sisi penanganan banjir, Emil mengaku telah menyiapkan kawasan untuk menyerap air di rumah-rumah hungga pasar.

"Jadi ruang hidup baru Itulah yang disebut Jakarta baru, menghadirkan hal-hal yang dulu tidak ada menjadi ada. Memanusiawikan yang dulu mungkin terabaikan," tambahnya.

Dia menambahkan, program kredit tanpa bunga akan disiapkan di era pemerintahan RK-Suswono. Program ini juga sempat diterapkan di Bandung, dan saat ini sudah ada 20.000 warga Jabar yang menerima manfaat porgam kredit tanpa bunga.

"Dulu di Bandung, nanti akan saya terapkan di Jakarta juga, kami punya program kredit tanpa bunga berbunga, tanpa agunan buat mereka yang tidak punya agunan. Untuk masyarakat kaum duafa, sarannya itu mengajukan bantuanya berlima," tutur RK.

Terkait program ini, masyakarat harus sungguh-sungguh untuk mengajukannya sebab, jika nantinya ada satu warga yang macet dalam pembayarannya maka akan ditanggung oleh empat lainnya.

Dari sektor Pariwisata, RK juga tengah menyiapkan pariwasata di Jakarta seperti bus warna-warni yang ingin berkeliling di Jakarta. Kemudian, kampung-kampung akan diberdayakan untuk penginapan wisatawan.

"Sehingga orang tidak tinggal di hotel mewah, dia menginapnya di rumah warga, bayar 300.000. Kelebihannya makan paginya sambil gosip dengan si ibu rumah itu kan atau tahun depan datang lagi menjadi menantunya, kan begitu," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper