Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kali di Jakarta Penuh Sampah

Menjelang musim hujan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membersihkan sejumlah saluran air utama secara berkala untuk mencegah banjir, namun pada sejumlah kali kecil masih terdapat tumpukan sampah.
Sampah di kali/Antara
Sampah di kali/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Menjelang musim hujan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membersihkan sejumlah saluran air utama secara berkala untuk mencegah banjir, namun pada sejumlah kali kecil masih terdapat tumpukan sampah.

Di Kali Cilincing, misalnya, masih terdapat tumpukan sampah plastik yang mengambang di pinggiran kali mulai dari kawasan Rawamalang hingga di pintu masuk belakang tempat pemakaman umum (TPU) Budi Darma, Jakarta Utara.

Di kali dengan lebar 10 meter, yang juga menjadi lahan parkir kapal kayu nelayan warga Cilincing, sejumlah warga masih membiarkan sampah berserakan. Padahal, daerah ini juga kerap terkena banjir jika musim hujan tiba.

"Kalau sampah plastik biasanya dibakar saja, soalnya tidak ada tempat sampah besar di daerah sini," keluh Supri warga setempat yang berprofesi pengayuh becak.

Padahal, tidak jauh dari tempatnya mangkal terdapat satu mobil sampah Dinas Kebersihan berukuran besar terparkir di pinggir jalan itu, Kamis (12/11/2015).

Onggokan Sampah

Di Kali Cakung Lama Jakarta Utara yang terhubung dengan kali Cakung Drain Jakarta Timur, juga masih terdapat onggokan sampah plastik di depan rumah warga bantaran kali Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, padahal pada musim hujan tahun lalu daerah ini kebanjiran hingga satu meter.

"Sudah diangkut, tapi entah dari mana sampahnya besok ada lagi," kata seorang petugas kebersihan sambil menarik sampah menggunakan bambu dari atas perahu kecil di Kali Cakung Lama.

Beberapa balita di sepanjang saluran air juga kedapatan masih buang air besar di kali melalui jembatan kayu yang dibuat warga untuk melintasi Kali Cakung Lama ini.

Di Kanal Banjir Timur, tidak jauh dari terminal Pulo Gebang, terdapat onggokan sampah yang tertumpuk dari saluran pembuangan warga setempat. Kendati tidak banyak, namun hal itu tetap saja mengganggu aliran air dari Jakarta Timur menuju ke laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper