Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RABU, 6 Februari, Pekerja Metal Akan Unjuk Rasa Besar-besaran

JAKARTA:  Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia akan mengadakan aksi massa pekerja/buruh sekitar 50.000 orang dari seluruh perusahaan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada Rabu (6/2/2013). Aksi di Kota Jakarta akan
Fajar Sidik
Fajar Sidik - Bisnis.com 05 Februari 2013  |  22:10 WIB


JAKARTA:  Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia akan mengadakan aksi massa pekerja/buruh sekitar 50.000 orang dari seluruh perusahaan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada Rabu (6/2/2013).
 
Aksi di Kota Jakarta akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu akan dilakukan dari Bundaran Hotel Indonesia dilanjutkan long march ke Istana Presiden, lalu ke kantor Kementerian Dalam Negeri.
 
Menurut Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Said Iqbal, tuntutan utama dari para pelaku aksi unjuk rasa pekerja/buruh itu adalah Jamsostum (jaminan sosial dan tolak upah murah).
 
"Pemerintah harus menjalankan jaminan sosial kesehatan untuk seluruh rakyat tanpa terkecuali mulai 1 Januari 2014," katanya, Selasa (5/2/2013).
 
Selain itu, lanjut Iqbal, dalam unjuk rasa akan dituntut penerapan jaminan sosial pensiun mulai 1 Juli 2015, pemberian upah layak dengan 84 item kebutuhan hidup layak (KHL).
 
Dia menjelaskan pekerja atau buruh juga menolak adanya penangguhan pembayaran upah minimum yang banyak dilakukan oleh kalangan perusahaan.
 
"Aksi ini juga serempak dilakukan di Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, Medan, dan Aceh yang diikuti oleh ribuan orang di setiap daerah," tuturnya.  (ra/fsi)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buruh demo pekerja metal ump khl jaminan sosial jamsostek upah

Sumber : Rochmad Fitriana

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top