Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RABU, 6 Februari, Pekerja Metal Akan Unjuk Rasa Besar-besaran

JAKARTA:  Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia akan mengadakan aksi massa pekerja/buruh sekitar 50.000 orang dari seluruh perusahaan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada Rabu (6/2/2013). Aksi di Kota Jakarta akan


JAKARTA:  Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia akan mengadakan aksi massa pekerja/buruh sekitar 50.000 orang dari seluruh perusahaan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada Rabu (6/2/2013).
 
Aksi di Kota Jakarta akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu akan dilakukan dari Bundaran Hotel Indonesia dilanjutkan long march ke Istana Presiden, lalu ke kantor Kementerian Dalam Negeri.
 
Menurut Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Said Iqbal, tuntutan utama dari para pelaku aksi unjuk rasa pekerja/buruh itu adalah Jamsostum (jaminan sosial dan tolak upah murah).
 
"Pemerintah harus menjalankan jaminan sosial kesehatan untuk seluruh rakyat tanpa terkecuali mulai 1 Januari 2014," katanya, Selasa (5/2/2013).
 
Selain itu, lanjut Iqbal, dalam unjuk rasa akan dituntut penerapan jaminan sosial pensiun mulai 1 Juli 2015, pemberian upah layak dengan 84 item kebutuhan hidup layak (KHL).
 
Dia menjelaskan pekerja atau buruh juga menolak adanya penangguhan pembayaran upah minimum yang banyak dilakukan oleh kalangan perusahaan.
 
"Aksi ini juga serempak dilakukan di Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, Medan, dan Aceh yang diikuti oleh ribuan orang di setiap daerah," tuturnya.  (ra/fsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Rochmad Fitriana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper