Jakarta Souvenir Design Award 2013, Ada 20 Suvenir Khas Betawi

 
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 01 Agustus 2013  |  19:34 WIB

 

Bisnis.com, JAKARTA - Ingin menikmati berbagai suvenir inovatif dengan ciri khas Jakarta? Tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pameran Jakarta Souvenir Design Award 2013 yang resmi dibuka hari ini, Kamis (1/7/2013) hingga Kamis pekan depan (8/7/2013) bertempat di Senayan City.

Program yang digelar keempat kalinya oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta tersebut ditujukan untuk mencari desain suvenir terbaik yang nantinya akan menjadi oleh-oleh khas Jakarta.

Terdapat 20 ragam suvenir kreatif berciri khas Betawi yang didesain oleh para finalis yang terbagi atas tiga kategori yakni profesional/umum, mahasiswa, dan UKM/Binaan.

Seluruh contoh suvenir tersebut masing-masing ditampilkan dalam ruang kaca dengan sedikit pencahayaan. Untuk mengetahui arti dan fungsi souvenir tersebut terdapat penjelasan singkat tentang keunikan masing-masing produk.

Beberapa diantaranya ialah Si Ondel Bocah Betawi berupa lampu boneka anak berkostum ondel-ondel, Lukisan Mini Jakarta yang menampilkan seni lukis miniatur tentang keindahan, keragaman kota Jakarta, dan budayanya.

Selain itu juga terdapat Seri Kartu Remi: Ngiter Jakarta yakni berupa kartu remi yang didesain dengan menggunakan ilustrasi alternatif tempat wisata di Jakarta.

Ada pula souvenir Nyok, Kenal Betawi! berupa 'Bag Tag Label' yang dapat digantung pada tas maupun koper sebagai ciri khas pembawa dari Jakarta. terdiri dari tiga seri ciri khas Betawi yaitu Seri Makanan, Seri Gedung, dan Kebudayaan Khas Betawi.

Yang tidak kalah menarik, ialah Petak Jakarta yakni sebuah permainan semacam monopoli yang terdiri dari komplek/area dari secara keseluruhan kota Jakarta. Permainan tersebut juga bisa menjadi semacam travelling guide sebelum berkunjung ke Jakarta, setiap sudut kota Jakarta yang ada dalam permainan tersebut ada penjelasan singkat.

Bir pletok sebagai salah satu warisan kuliner Betawi dikreasikan menjadi Permen Pletok None yang dibuat dari bahan-bahan alami sesuai resep asli Bir Pletok. Serta berbagai karya desain lainnya yang menampilkan ciri khas Betawi.

Pengumuman pemenang dan pemberian piala penghargaan akan diberikan secara langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Iriana Joko Widodo pada Kamis pekan depan (18/7/2013).

Pemenang berhak membawa pulang piala Jakarta Souvenir Design Award 2013. Selain itu, pemenang pun berhak mendapatkan total hadiah senilai Rp52,5 juta dengan beberapa kategori pemenang.

Nantinya, hasil karya peserta berkesempatan diproduksi secara massal hingga ke mancanegara sebagai salah satu daya tarik wisata Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dki jakarta, souvenir, betawi

Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top