Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

55 Bus AKAP Tak Layak Jalan

Bisnis.com, JAKARTA - Posko Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) memastikan 55 unit bus antar kota dan provinsi (AKAP) dinyatakan tak laik jalan saat dilakukan pemeriksaan di posko PKB,Terminal Pulogadung pada H-7, Kamis (1/8) hingga H-3, Senin (5/8).
Emanuel Tome Hayon
Emanuel Tome Hayon - Bisnis.com 07 Agustus 2013  |  08:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Posko Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) memastikan 55 unit bus antar kota dan provinsi (AKAP) dinyatakan tak laik jalan saat dilakukan pemeriksaan di posko PKB,Terminal Pulogadung pada H-7, Kamis (1/8) hingga H-3, Senin (5/8). Dalam pemeriksaan itu, petugas memeriksa sebanyak 197 bus. 

Suparman, petugas di Posko PKB Terminal Pulogadung,  mengatakan 55 bus yang dinyatakan tidak laik operasi langsung dikembalikan ke masing-masing perusahaan otobus (PO) untuk dilakukan perbaikan serta diganti dengan kendaraan yang kondisinya lebih baik. "Kami berikan peringatan secara tertulis, dan busnya dikembalikan ke pool," kata Suparman, Rabu (7/8).

Sebagian besar bus yang dinyatakan tidak laik operasi dikarenakan ada kaca yang retak, tidak ada alat keselamatan, baut pengikat bodi yang mulai rapuh, ban vulkanisir, speedometer tidak berfungsi, hingga buruknya emisi gas buang.

Untuk bus yang laik operasi, kata Suparman, pihaknya menempelkan stiker yang menandakan bus laik jalan. "Untuk yang tidak laik jalan, tidak kami berikan stiker. Jadi, ketika bus tersebut dipaksakan untuk beroperasi, petugas dapat langsung mengetahui dan merazia bus. Pasti ada sanksi untuk bus itu," ujarnya.

Adji Kus Ambarto, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Terminal Bus AKAP Pulogadung,  menambahkan sesuai dengan prosedur yang berlaku, laporan dari petugas penguji akan disampaikan kepada perusahaan untuk ditindaklanjuti. Jika ada PO yang membandel, sanksi akan diberlakukan. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran 2013 mudik 2013 bus jakarta posko pengujian kendaraan bermotor jakarta bus akap
Editor : Yeni H. Simanjuntak
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top