Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga DKI Punya Mobil Tapi Nggak Bikin Garasi

Bisnis.com, JAKARTA - Munculnya kebijakan mobil murah ramah lingkungan disinyalir memicu pertumbuhan kepemilikan mobil warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Masalahnya, parkir mobil di pinggir jalan lebih banyak karena warga Jakarta banyak yang tidak punya
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 24 September 2013  |  10:05 WIB
Warga DKI Punya Mobil Tapi Nggak Bikin Garasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Munculnya kebijakan mobil murah ramah lingkungan disinyalir memicu pertumbuhan kepemilikan mobil warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Masalahnya, parkir mobil di pinggir jalan lebih banyak karena warga Jakarta banyak yang tidak punya garasi di rumahnya.

Alhasil, setiap parkir mobil memanfaatkan lahan kosong atau badan jalan milik pemerintah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama menegaskan tidak ada ampun bagi pemarkir mobil di lahan milik Pemprov. "Memarkir mobil di jalan-jalan umum milik pemerintah, kami akan derek dan ditilang," katanya.

Dengan adanya mobil bikinan dalam negeri, kata Ahok menjadi kebanggaan Indonesia ketika produknya sudah ekspor karena komponennya produksi lokal. Kendati demikian lambang mobilnya tetap merk luar negeri.

Munculnya pro dan kontra, Gubernur Joko Widodo paling keras menyampaikan keberatan kepada pemerintah pusat atas munculnya mobil murah. Pasalnya kebijakan dalam rangka mengatasi kemacetan semakin membingungkan.

Wakil Presiden Boediono menyatakan persoalan kemacetan tidak hanya menjadi urusan DKI.

Berbeda dengan Jokowi, Ahok justru menganggap mobil murah sebagai pemicu untuk menerapkan aturan yang lebih ketat terhadap kendaraan yang ada di Jakarta. Hampir dipastikan rentetan kebijakan sudah di depan mata untuk menarik biaya mahal bagi pengguna mobil di Jakarta.

"Kami punya hak menentukan zonasi parkir yang mahal, menaikan pajak secara progresif, nanti ke depan kami juga punya hak bagi anda yang nggak punya garasi memarkir mobil di jalan umum kami derek dan tilang," ujar mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ahok mobil murah kemacetan jakarta
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top