Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akses Plaza Semanggi, Ahok Tolak Usulan Jalan Potong dari Jl. Gatot Subroto

Upaya Pemprov DKI menutup akses masuk Plaza Semanggi dari arah Slipi sebagai biang kemacetan mendapat dukungan dari para veteran yang tergabung dalam Yayasan Gedung Veteran Republik Indonesia.
Kemacetan di DKI/Bisnis.com
Kemacetan di DKI/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya Pemprov DKI menutup akses masuk Plaza Semanggi dari arah Slipi sebagai biang kemacetan mendapat dukungan dari para veteran yang tergabung dalam Yayasan Gedung Veteran Republik Indonesia.

Namun para veteran yang gedungnya satu komplek dengan Plaza Semanggi tersebut meminta Pemprov mengizinkan pembangunan jalan potong di tengah kupingan Jl. Gatot Subroto dari arah Slipi menuju Sudirman langsung terhubung dengan mal.

Ketua Yayasan Gedung Veteran RI Marsekal Muda TNI (Purn) Danendra menawarkan di bagian tengah kupingan itu dibuat kupingan baru satu arah menuju pusat perbelanjaan hasil kerjasama PT Primatama Nusa Indah (PNI) dengan yayasan tersebut sehingga tidak perlu memutar lewat jalur alternatif.

"Kami telah menawarkan solusi ini dua kali kepada Gubernur, biayanya menggunakan dana yayasan sehingga tidak pakai APBN maupun APBD," katanya dalam keterangan pers, Senin (9/12/2013).

Keberadaan Plaza Semanggi, kata Danendra merupakan bagian aset dari yayasan legiun veteran RI yang dibangun secara build operate transfer (BOT) dengan perusahaan swasta.

Wakil Gubernur DKI Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama mendengar usulan tersebut langsung menolak, karena dinilai tidak masuk akal. Pihaknya tidak mungkin menambah jalur kupingan di Semanggi karena semakin menambah kemacetan. "Itu tidak masuk akal," ujarnya.

Pemprov tetap menginginkan ada jalur alternatif memutar lewat belakang mal agar arus lalu lintas tetap lancar. Ahok melihat kendaraan yang masuk Plaza Semanggi dari arah Slipi selalu bentrok dengan kendaraan dari Jl Jenderal Sudirman yang mau masuk Jl Gatot Subroto dan pintu tol.

Alhasil kemacetan mengular ke arah Jl Jenderal Sudirman dan Jl Gatot Subroto. Saat gubernur Fauzi Bowo akses itu pernah ditutup namun mendapat perlawanan dari veteran sehingga dibuka kembali. Saat ini Ahok kekeuh untuk menutup akses itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper