Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek JEDI Senilai Rp284 Miliar Dimulai

Paket 1 proyek Jakarta Emergency Dredgjng Initiative (JEDI) di Kali Ciliwung, Gunung Sahari, dan Waduk Melati dimulai dengan nilai investasi Rp284 miliar

Bisnis.com, JAKARTA- Paket 1 proyek Jakarta Emergency Dredgjng Initiative (JEDI) di Kali Ciliwung, Gunung Sahari, dan Waduk Melati dimulai dengan nilai investasi Rp284 miliar.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mengerjakan proyek JEDI Paket 1 ini dalam kurun waktu 2 tahun. Proyek JEDI semula akan dimulai pada 2009 tetapi terhambat dan baru bisa dilakukan pada akhir tahun ini.

"Untuk pembayaran kami akan langsung segera membayar pinjaman dari World Bank," ujar Jokowi saat menghadiri acara groundbreaking proyek JEDI di Waduk Melati, Rabu (11/12/2013).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov DKI Manggas Rudy Siahaan menuturkan keterlambatan pembangunan JEDI karena menunggu keputusan pemberian kredit dari World Bank Washington sebesar US$150 juta.

Lokasi pengerjaan paket 1 yaitu Kali Ciliwung, Gunung Sahari dan akan dilakukan pembangunan sheetpile (dinding vertikal relatif tipis berfungsi penahan tanah dan air agar tidak masuk dalam lubang galian) sepanjang 4.832 meter. Pembangunan sheetpile pada Waduk Melati, Saluran Gresik, dan Kali Cideng Hulu dilakukan sepanjang 1.245 m.

Penggerukan sungai dilakukan pada Kali Ciliwung, Gunung Sari dilakukan sepanjang 5.100 m dan volume yang akan dikeruk 153.830 meter/kubik (m3).

Waduk Melati akan dilakukan pengerukan seluar 4,9 hektare (Ha). Pengerukan saluran Gresik dari Jl. Surabaya Menteng hingga Jl. Teluk Betung Kebon Kacang dilakukan sepanjang 2.004 m, sedangkan, Kali Cideng Hulu dari Waduk Setiabudi sampai Jl. Teluk Betung Kebom Kacang akan dikeruk sepanjang 1.260 m. Volume yang akan dikeruk di Waduk Melati, Saluran Gresik dan Kali Cideng Hulu sebesar 98.240 m3.

JEDI merupakan kegiatan pengerukan sungai dan waduk yang berada di Provinai DKI guna mengatasi banjir. JEDI memiliki 7 paket kegiatan, tetapi 3 paket kegiatan dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi DKI Jakarta, Ditjen SDA, dan Ditjen Cipta Karya.

Dinas PU Provinsi DKI Jakarta mengerjakan paket 1, paket 4, dan paket 7. JEDI paket 4 terdiri dari Kali Sentiong Sunter, Waduk Sunter Utara, Waduk Sunter Selatan, dan Waduk Sunter Timur III. Paket 7 akan dilakukan JEDI di Kali Grogol Sekretaris, Kali Jelakeng-Pakin-Kali Besar, Kali Krukut Cideng, termasuk Kali Krukut Lama.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper